PEKAN LITBANG PERTAHANAN TA. 2022

Monday, 15 August 2022

Jakarta, Jumat (12/08/2022). Balitbang Kemhan menggelar acara Pekan Litbang Pertahanan TA. 2022 dari tanggal 11-12 Agustus 2022 di lapangan Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Acara pembukaan dihadiri oleh Pejabat Kemhan, Pejabat TNI, BRIN, KKIP, Dirut Indhan, dan Perguruan Tinggi. Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, beliau menyampaikan Pekan Litbang 2022 terdiri dari tiga kegiatan pokok yakni Pertama : Lomba Karya Inovasi Pertahanan yang diikuti oleh 131 peserta, dimana hasil pemenang lomba telah diumumkan. Kedua : kegiatan pameran produk-produk hasil litbang pertahanan yang diikuti oleh 40 peserta baik dari Balitbang Kemhan sendiri maupun Brin, Dislitbang Angkatan, Perguruan Tinggi, BUMN dan BUMS. Ketiga : kegiatan seminar yang mengangkat 2 topik yakni pertama: “Strategi Kebijakan Belanja Pertahanan Untuk Mengoptimalisasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional” dan topik yang kedua : “Transformasi Pengembangan Roket R-Han 450 Menuju Peluru Kendali Pertahanan Indonesia” (tinjauan dan analisa teknologi). konsep-konsep baru mengenai penggunaan kekuatan militer terus mendorong inovasi teknologi pertahanan. demikian pula, kemajuan ilpengtek telah menghasilkan teknologi baru dan penerapan inovatifnya dalam pertahanan, network centric warfare (ncw), pertahanan dunia maya, dan otomatisi alutsista semuanya adalah contoh tentang bagaimana pergeseran paradigma dalam sains dan urusan militer atau perpaduan beberapa bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah menciptakan alat baru pertahanan yang semuanya berawal dari kegiatan penelitian dan pengembangan.

Sambutan dilanjutkan Menhan RI yang dibacakan oleh Sekjen Kemhan bahwa kemandirian industri pertahanan nasional dibangun di atas tiga pilar yaitu interkonektivitas industri pertahanan dengan Balitbang, pelibatan swasta dalam rantai produksi dan tau distribusi produksi industri pertahanan, dan koordinasi antar institusi terkait. Dalam rangka memproduksi alpalhankam yang inovatif maka konektivitas antara indhan nasional dengan badan litbang mutlak diperlukan. Badan disini mencakup divisi litbang internal industri pertahanan serta institusi lainnya, termasuk perguruan tinggi dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang melakukan aktivitas litbang serta dapat didayagunakan untuk keperluan produksi industri pertahanan.

Hasil litbang yang di pamerkan pada acara Pekan Litbang Pertahanan 2022 diantaranya Radar GCI, Navara, Kendaraan Truk Radar, Ran R-Han 122B, Sentry Gun, Swim Boat, Ran MV2, MCCV, Ran Lab, Sea Radara, Pesawat UAV Male, Senjata (Galting, SMB, SPR 20) dll. Diadakannya Pekan Litbang Pertahanan merupakan wujud kemandirian alutsista, termasuk dampak dari security dilemma, kebanggaan dan gengsi nasional karya anak bangsa. Acara tersebut memamerkan hasil ciptaan suatu produk litbang pertahanan yang state of the art (the best and most modern of its type atau teknologi yang paling canggih) yang mempunyai keunggulan sekaligus sebagai strategic autonomy (kekuatan penggentar litbang). Kedepannya acara Pekan Litbang Pertahanan dapat menjadi wadah untuk menstimulasi ide-ide inovatif dan kreatif dari perguruan tinggi, lembaga litbang pemerintah dan indhan serta masyarakat dapat menunjang percepatan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertahanan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia