LITBANG BERSAMA PENGEMBANGAN ROKET JARAK 100 KM GROUND TO GROUND R-HAN 450 (BALITBANG KEMHAN, PT. DAHANA DAN PUSTEK ROKET ORPA BRIN/LAPAN)

Tuesday, 27 September 2022

Balitbang Kemhan (Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan) khususnya Puslitbang Alpalhan (Pusat Penelitian dan Pengembangan Alat Peralatan Pertahanan) melaksanakan kegiatan Litbang bersama program pengembangan Roket Jarak 100 Km Ground to Ground R-Han 450 pada tanggal 19 s.d. 23 September 2022 di Pusat Riset Teknologi Roket ORPA BRIN (LAPAN) Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Pengembangan roket jarak 100 km R-Han 450 ini merupakan program lanjutan yang direncanakan dalam empat tahap. Tahun 2022 ini sudah memasuki pada tahap ke II dari IV tahap yang direncanakan. Fokus kegiatannya lebih ditujukan kepada penyempurnaan redesain R-Han 450 dan peningkatan karakteristik motor roket. Penyempurnaan redesain ditujukan untuk mendapatkan rancangan motor roket yang diharapkan. Sedangkan pembuatan penyempurnaan struktur dilakukan dengan mempertebal grafit dan nozzle, penurunan burning rate propelan dan optimasi isian pyro teknik yang digunakan pada igniter.

Pelaksanaan Litbang bersama pada kesempatan ini diikuti oleh personel dari Balitbang Kemhan yaitu: Darmawan Henry P, S.IP, M. Si., Kolonel Arm Drs Deden Daniswara, M.Sc., Letnan Kolonel Cpl Sarwoko, S.T. Letnan Kolonel Cpl Duanrey Hutabarat AMd. Zaenal Asiqin, ST, turut serta dalam kegiatan tersebut dari Tim PT. Dahana, Tim Pusat Riset Teknologi Roket ORPA BRIN (LAPAN) dan dari Pussenarmed Mayor Arm Muh. Yunus serta dari Puspalad Kapten Cpl Imron. Adapun materi dalam kegiatan tersebut adalah pembahasan tentang pengujian propelan dan struktur dengan radiografi/X-Rey, perencanaan kegiatan uji statis serta pengerjaan di workshop melaksanakan kegiatan pengetesan setelah proses decoring yaitu pengetesan kekerasan dilanjutkan dengan penyinaran terhadap propelan dengan sinar berenergi tinggi (sinar X atau sinar gamma) yang dapat menembus benda uji dan membentuk bayangan pada film radiografi.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia