SUPERVISI PENGEMBANGAN ROKET JARAK 100 KM GROUND TO GROUND R-HAN 450 (BALITBANG KEMHAN, PT. DAHANA DAN PUSTEK ROKET ORPA BRIN/LAPAN)

Monday, 3 October 2022

Kegiatan Supervisi dilaksanakan Puslitbang Alpalhan (Pusat Penelitian dan Pengembangan Alat Peralatan Pertahanan) Balitbang Kemhan (Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan) program pengembangan Roket Jarak 100 Km Ground to Ground R-Han 450 pada tanggal 29 sampai dengan 30 September 2022 di Pusat Riset Teknologi Roket ORPA BRIN (LAPAN) Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Tujuan dari kegiatan Supervisi ini adalah untuk melaksanakan pengelolaan, pengarahan dan pengawasan dalam rangka memastikan bahwa kerjasama pengembangan Roket Jarak 100 Km Ground to Ground R-Han 450 dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan kontrak yang sedang dilaksanakan dalam suatu periode waktu tertentu.

Pelaksanaan Supervisi pada kesempatan ini diikuti oleh personel dari Balitbang Kemhan yaitu: Laksma TNI Danto Yuliardi Wirawan, S.T. M.T, Kolonel Kav R. Herdianto Nuringtyas, S.Sos, M.I.P, Indah Kastiyowati, S.T.,M.M, Letkol Cpl Sarwoko, S.T, Letkol Cpl Duanrey Hutabarat, A.Md., turut serta dalam kegiatan tersebut dari Tim Pusat Teknologi Roket LAPAN dan Tim PT Dahana .

Adapun materi dalam kegiatan tersebut adalah : 1) Pembahasan tentang kemajuan progres kegiatan pengembangan roket jarak 100 km tahap II-IV pada bulan September 2022 sudah mencapai 89,03%; 2) Melaksanakan pengawasan tentang administrasi untuk kegiatan pengembangan roket berupa Log Book dari penelitian, Detail engenering design, laporan mingguan dan bulanan, serta naskah kajian; 3) Penyiapan rencana uji statis di mulai dari rencana pergeseran materiil roket yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2022 dilanjutkan pengujian X-Ray, sedangkan rencana kegiatan uji statis roket R-Han 450 jarak 100 km tahap II – IV akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2022 di Pameungpeuk Garut.

Kegiatan supervisi dilanjutkan dengan peninjauan ke Laboratorium Insulasi Termal dan HTPB melihat kesiapan Nozzle dan grafit serta pengecekan kesiapan Tabung dan pengecekan propelan serta packing dalam perencanaan pengiriman ke Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfir LAPAN Pameungpeuk Garut Jawa Barat.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia