UJI FUNGSI LITBANG PROTOTIPE KENDARAAN SISTEM PEMBAWA MORTIR 81 MM TAHAP II-II TA. 2022

Thursday, 27 October 2022

Jakarta, Senin (24/10/2022). Balitbang Kemhan dalam hal ini Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan melaksanakan uji fungsi kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm tahap I-II di Laboratorium Dislitbangad, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Uji fungsi kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm tahap I-II disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI ( Purn) Julexi Tambayong, Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdulah Sani, Ses Bainstrahan Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T.,M.Eng., Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Laksma TNI Danto Yuliardi Wirawan, S.T., MT., Kapuslitbang Sumdahan Brigjen TNI Dr. Ignatius Eko Djoko Purwanto, S.E., MM., Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI R. Bambang Ismiyadi, ST., Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Yan Namora. Kapuspalad diwakili oleh Dirbinlitbang Puspalad Kolonel Cpl Teguh Gunadi, Danpusdikpasus Brigjen TNI Agus Sasmita, M.M. Dirsen Pussenif Brigjen TNI Agus Saepul, S.Sos, M.M., Kadislitbangad Brigjen TNI Hery Setyono, S.Sos., Kepala Laboratorium Dislitbangad Kolonel Arh Septa Rendra dan para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan dan TNI , tim uji fungsi dari Lab Dislitbangad dan PT. SAS Aero Sishan serta personel yang terkait.

Kegiatan diawali sambutan oleh Direktur PT. Sas Aero Sishan bapak  M. Rasyid Ridha, kemudian paparan program uji fungsi oleh Kabid Matra Darat Puslitbang Alpalhan Kolonel Kav R. Herdianto N, S.Sos, dilanjutkan paparan kesiapan pelaksanaan uji fungsi oleh Direktur Teknik PT. SAS Aero Sishan Roland Andira Wala, Paparan hasil Uji Fungsi oleh Kepala Laboratorium Dislitbangad Kolonel Arh Sapta Rendra, dilanjutkan pelaksanaan uji fungsi kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm Tahap II-II dari tim teknis PT. SAS Aero Sishan Bersama Tim Dislitbangad dengan menembakkan granat mortir 81 mm dengan Isian Pendorong Tambahan (IPT) 7 sebanyak 3 butir dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji fungsi , diakhiri pengarahan oleh kabalitbang Kemhan Marsda TNI ( Purn) Julexi Tambayong disampaikan bahwa Litbang kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm tahap II-II TA.2022 adalah merupakan program lanjutan dari program Litbang yang berkerja sama dengan PT. SAS Aero Sishan. Litbang Prototipe Kendaraan Sistem Pembawa Mortir 81 mm yang dihasilkan pada tahap kedua ini merupakan hasil penyempurnaan dari Prototipe Kendaraan Sistem Pembawa Mortir 81 mm yang telah dihasilkan pada tahap pertama.

Kabalitbang Kemhan Marsda TNI (Purn) Julexi Tambayong berharap prototipe kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm yang telah dihasilkan dapat digunakan oleh user di lapangan. Rangkaian Uji Fungsi Litbang Prototipe Kendaraan Sistem Pembawa Mortir 81 mm dilaksanakan dari tanggal 20 s.d 24 oktober 2022. Dimana uji fungsi yang dilakukan meliputi uji konstruksi dan perlengkapan, uji mekanis meliputi pengujian mekanisme folding, unfolding, azimuth dengan sistem elektrik, azimuth dengan pemutar manual, elevasi dengan sistem elektrik, elevasi dengan pemutar manual, penguncian laras, rak amunisi, dan rak penyimpanan. uji dinamis meliputi uji rem basah, rem kering, radius putar, uji tanjakan 15 – 30%, uji perlambatan dan percepatan serta uji tembak dengan granat mortir 81 mm dengan Isian Pendorong Tambahan (IPT) 3, 5 dan 7 sebanyak 6 butir.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia