UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI LINGKUNGAN PONDOK LABU

Thursday, 1 June 2023

Jakarta, Kamis (01/06/2023). Balitbang Kemhan melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Balitbang Kemhan Jl. Jati No. 1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Sebagai Inspektur upacara adalah Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Laksma TNI Danto Yuliardi Wirawan, S.T., M.T., peserta upacara seluruh anggota satker dan subsatker Kemhan di wilayah Pondok Labu serta siswa Badiklat Kemhan.

Kapuslitbang Alpalhan membacakan amanat Menteri Pertahanan menyampaikan, bahwa tema peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Tema ini mengandung makna bahwa membangun peradaban dunia dan pertumbuhan global di segala bidang, sangat dipengaruhi oleh peran dan kontribusi dari seluruh masyarakat dunia, tak terkecuali negara Indonesia. Hal yang menjadi kunci pembangunan tersebut adalah semangat saling bekerjasama, bersinergi dan bergotong royong. Semangat inilah yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan. Lebih dari itu, gotong royong merupakan wujud pengamalan dari Pancasila.

Kemudian dalam kesempatan tersebut, Kapuslitbang Alpalhan menjelaskan salah satu modal kekuatan dan pengikat persatuan agar bangsa Indonesia siap sedia dalam menghadapi setiap tantangan dalam dinamika globalisasi adalah dengan cara memperkuat identitas bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa. Kemhan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang intensif serta masif terkait penanaman nilai-nilai Pancasila melalui peningkatan kesadaran bela negara dan perekrutan anggota komponen cadangan.

Di akhir amanat Kapuslitbang Alpalhan berpesan, pegawai Kemhan harus menjadi satu kesatuan yang bergerak bersama, optimis ke arah peningkatan kinerja yang lebih baik serta membawa dampak positif, baik internal untuk organisasi maupun eksternal untuk dunia. Kesemuanya merupakan kunci dan nilai-nilai luhur kehidupan serta kemanusiaan yang membentuk peradaban yang berkeindonesiaan. SDM unggul yang tersedia dan berkarakter Pancasila adalah fondasi kebangsaan yang tepat untuk menghantarkan Indonesia pada sebuah bangsa yang besar, bermartabat, serta berkepribadian kuat di tengah bangsa dan peradaban dunia. Inilah makna terpenting dari peringatan Hari Lahir Pancasila yang kita laksanakan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia