UJI DINAMIS PEMBUATAN PROTOTIPE MANPADS TAHAP III TA. 2018

Monday, 10 December 2018

500x300

Lumajang, Senin (10/12/2018). Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan melaksanakan uji dinamis pembuatan prototipe Manpads tahap III TA. 2018 di Lapangan Tembak AWR Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur. Uji dinamis Manpads tahap III ini disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, SE, ST, M.Si.(Han), Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan (FTP) UNHAN Kemhan Romie Oktovianus Bura, B.Eng(Hons), MRAes, Ph.D, Dirut PT. Pindad diwakili oleh General Manager Munisi Bapak Budiharto, Dirut PT. Sari Bahari Ir. Ricky Hendrik Egam, Kabid Matra Udara Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Lek Ir. Bambang Eddie, MT., Kabagdatin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Fatih El Amin, S.IP, M.Si., para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, serta tim uji dinamis Manpads tahap III dan personel yang terkait.

Pelaksanaan kegiatan uji dinamis prototipe roket Manpads diawali sambutan oleh Kabalitbang Kemhan Ibu Dr. Anne Kusmayati, dilanjutkan sambutan Dirut PT. Pindad dan Dirut PT. Sari Bahari, kemudian penjelasan singkat kegiatan uji dinamis oleh ketua tim teknis dan pembacaan doa, selanjutnya pelaksanaan uji dinamis prototipe Manpads tahap III oleh tim PT. Pindad, tim PT. Dahana dan tim PT. LAPI ITB. Sesi pertama uji dinamis peluncuran 6 roket Manpads. Kemudian setelah ishoma dilanjutkan peluncuran prototipe roket Manpads ke-7 dengan seeker, dan terakhir peluncuran prototipe roket Manpads ke-8 tanpa seeker.

Manpads (Man Portable Air Defence System) adalah sistem senjata yang digunakan untuk melumpuhkan musuh dengan menggunakan roket kendali. Prototipe roket Manpads ini memiliki muatan antara lain seeker dan control, alat pengukur jarak dan self destruction system (SDS) onboard, serta alat pengukur jarak dan SDS ground station.

Uji dinamis Manpads tahap III TA. 2018 selesai, kemudian dilaksanakan evaluasi, pada prinsipnya uji dinamis prototipe Manpads tahap III telah terlaksana dengan baik dan aman, selanjutnya prototipe Manpads ini akan disempurnakan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia