Ukraina Tawarkan Industri Strategi kepada Indonesia

Rabu, 25 April 2012

KIEV, KOMPAS.com –¬†Perusahaan Negara Ukraina yang mengurusi Ekspor dan Impor Produk Khusus dan Peralatan Militer, Ukrspecexport, hari Rabu (22/3/2012) menegaskan, pihaknya bersedia bekerja sama dengan industri strategi Indonesia, terutama dalam memproduksi sistem persenjataan utama TNI. Ukrspecexport sejauh ini punya pengalaman luas dalam produksi peralatan militer.

Roman Noha, kepala panel ahli Ukrspecexport, dalam siaran persnya, hari ini menyebutkan, perusahannya berminat membangun relasi bilateral, tidak hanya pada penjualan namun juga dalam kemitraan strategi dengn perusahaan strategis di Indonesia.

“Memproduksi persenjataan di wilayah Indonesia lebih penting bagi kami, daripada mendirim produk siap pakai. Kami menghendaki mitra kami memperoleh benefit yang besar dari kerjasama seperti ini,” ujarnya.

Pada tahap pertama, SC Ukrspecexport menawarkan pemain utama dalam industri militer industria untuk memproduksi tank tempur “Bulat” di PT Pindad.

Produksi ini bisa berbentuk upaya bersama dan bisa segera dimulai dalam waktu dekat. Produknya bisa langsung digunakan militer Indonesia dalam waktu yang pendek.

Berat tank “Bulat” hanya sekitar 45 ton, dengan kemampuan gerak yang tinggi, proteksi yang baik pada awaknya, dengan kemampuan meriam termasuk peluru kendali. AB Ukraina saat ini saudah menggunakan 80 tank “bulat” dan jumlah ini terus meningkat.

Sumber : Kompas.com




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia