Penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria SDAB Penting Untuk Mempersiapkan Komponen Pendukung

Jumat, 23 Oktober 2015

1012152Jakarta, Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjen Pothan Kemhan), Kamis (22/10), dalam hal ini Direktorat Komponen Pendukung melaksanakan Workshop Penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Buatan Untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara Tahun Anggaran 2015 di Aula Bela Negara Kantor Ditjen Pothan Kemhan, Jakarta. Dari workshop ini diharapkan terwujud kesatuan pemahaman tentang pentingnya penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Buatan Untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara.

Workshop ini dibuka oleh Pelaksana Harian Direktur Komponen Pendukung Brigjen TNI Iskandar M. Munir yang membacakan amanat Dirjen Pothan Kemhan. Dalam amanat Dirjen Pothan dijelaskan bahwa penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Buatan Untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara ini adalah upaya mempersiapkan secara rinci Sistem Pertahanan Negara yang bersifat semesta yang merupakan bagian dari tugas Kementerian Pertahanan.

Secara khusus, Ditjen Pothan Kemhan bertanggung jawab dalam penatanan dan penyusunan Komponen Pendukung Pertahanan Negara. Komponen Pendukung terdiri atas Warga Negara, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Buatan serta Sarana dan Prasarana Nasional yang secara langsung atau tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan Komponen Utama dan Komponen Cadangan Pertahanan Negara.

Workshop dengan tema “ Melalui Penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria SDA dan Buatan, Kita Siapkan Komponen Pendukung Dalam Rangka Meningkatkan Kekuatan dan Kemampuan Pertahanan Negara” ini diikuti oleh pejabat eselon III dan IV Kementerian dan Lembaga terkait dan perwakilan Mabes TNI dan Mabes Angkatan yang tugas dan fungsinya terkait dengan penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria SDA dan SDB untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara.

Workshop ini maksudkan untuk mendapatkan masukan dari narasumber dan peserta workshop baik dari aspek substansi, regulasi, maupun proses dalam penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria SDA dan SDB untuk Komponen Pendukung Pertahanan Negara. Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria ini nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam penataan SDA dan SDB Komponen Pendukung.

Dalam workshop ini dibicarakan mengenai “Integrasi Penataan SDA dan SDB Sebagai Logistik Wilayah dan Cadangan Materiil Strategis dalam Penataan Ruang Wilayah Pertahanan” oleh Kasubdit Tata Ruang Dit Wilhan Ditjen Strahan Kemhan Drs Bahtiar Pangaribuan SH, MH. Urgensi Penyusunan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Dalam Rangka Penataan SDA dan SDB untuk Meningkatkan Kekuatan dan Kemampuan Komponen Pendukung Pertahanan Negara oleh Peneliti Utama CSIS  Bapak DKS Nugraha SP. Msi. Juga mengenai “Standar dan Kriteria SDAB untuk Logistik Wilayah dan Cadangan Material Strategis Guna Meningkatkan Kekuatan dan Kemampuan Militer”, oleh Kol. Sutomo.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia