TIM EKSPEDISI BARU TEMUKAN 341 PATOK PERBATASAN

Jumat, 11 Mei 2012

Nunukan, Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Koordinator Wilayah 5 baru menemukan 341 dari target 5.261 patok selama menjelajahi perbatasan wilayah Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur.

“Patok-patok yang ditemukan ini mulai awal penjelajahan di titik nol di Sei Pancang, Pulau Sebatik, hingga Sungai Hulu Tembalang, perbatasan Kecamatan Sebuku dengan Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan,” kata Wakil Komandan Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Sub Koordinator Wilayah (koorwil) 5 Kabupaten Nunukan, Mayor Inf Achiruddin, di POsko tim ekspedisi, Kamis (10/5) malam.

Perjalanan Tim Ekspedisi Khatulitiwa 2012 Sub korwil 5 Kabupaten Nunukan ini, katanya, telah menempuh jarak sepanjang 147 kilometer dari jarak yang harus dijelajahi sepanjang 418 kilometer.

Dari 147 patok perbatasan itu, lanjut Achiruddin, beberapa di antaranya telah rusak. “Kemungkinan disebabkan oleh faktor alam yaitu longsor dan ada juga karena ulah manusia, karena di lokasi patok yang rusak tersebut, ditemukan pembukaan lahan perkebunan,” katanya.

Patok-patok perbatasan yang ditemukan mengalami kerusakan sebanyak 11 buah dan sebagian besar berada di Kanduangan Kecamatan Nunukan. Sebagian lagi berada di Kecamatan Sei Menggaris.

Khusus di wilayah Kanduangan, tim ekspedisi juga menemukan hutan-hutan sudah gundul akibat pembalakan atau pembukaan lahan, bebernya.

Achiruddin menambahkan, direncanakan akhir Juni 2012, tim penjelajah dari tim ekspedisi ini telah sampai di Long Midan Kecamatan Krayan sebagai lokasi finish.

“Mudah-mudahan rencana bisa dicapai,” ujarnya kepada ANTARA.
Sumber :  Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia