TIM EKSPEDISI GELAR PEKAN KEBANGSAAN DI PERBATASAN

Senin, 14 Mei 2012

Nunukan, Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Wilayah 5/Kabupaten Nunukan akan menggelar “Pekan Kebangsaan” sebagai rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia itu.

“Pekan kebangsaan dilaksanakan di Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan, Pulau Nunukan, Kabupaten Nunukan,” kata Wakil Komandan Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Sub Koordinator Wilayah (koorwil) 5/Kabupaten Nunukan, Mayor Inf Achiruddin, Jumat.

Ia menjelaskan kegiatan pekan kebangsaan antara lain sunatan massal, pengobatan massal gratis, penanaman pohon, donor darah dan karya bakti massal.

“Kegiatan yang bersifat bakti sosial itu digelar mulai Senin (14/5) dan acara puncaknya dengan Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Alun-Alun Kota Nunukan pada Minggu (20/5),” katanya.

Pada Senin (14/5), katanya, Tim Ekspedisi Khatulistiwa akan melaksanakan sunatan massal dan pengobatan massal gratis di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan Selanjutnya, Selasa (15/5) akan digelar donor darah yang dipusatkan di Kantor PMI Cabang Nunukan, kemudian pada Rabu (16/5) berupa penanaman pohon/penghijauan.

Setelah itu, Jumat (18/5) karya bakti massal berupa pembersihan Pasar Inhutani dan Yamaker, lalu diakhiri dengan upacara Hari Kebangkitan Nasional.

“Khusus untuk sunatan dan pengobatan massal akan dilangsungkan selama satu hari sampai pukul 17.00 Wita, karena itu seluruh masyarakat Pulau Nunukan agar mendaftarkan diri,” katanya.

Masalah lokasi pelaksanaan bakti sosial masih dibahas bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan, LSM, dan organisasi masyarakat (ormas) di Kantor Bupati Nunukan.

Kegiatan yang bertajuk “Pekan Kebangsaan” itu merupakan program kerja Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Sub Koorwil 5/Kabupaten Nunukan bagian komunikasi sosial (komsos).

“Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemkab Nunukan yang melibatkan unsur TNI, Polri, LSM, LSM, organisasi masyarakat (ormas) dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Nunukan,” ujarnya.

Tujuannya, untuk menanamkan jiwa kebangsaan, cinta Tanah Air, peduli lingkungan, kebersamaan bagi seluruh generasi dan elemen masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan.

“Dengan itu, kami mengharapkan akan tercipta rasa persaudaraan, kekompakan dan solidaritas, menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme dalam jiwa masyarakat Indonesia di wilayah perbatasan,” katanya.

Sumber :  Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia