UNIFIL CEK KESEHATAN LINGKUNGAN MARKAS INDOBATT LEBANON

Senin, 14 Mei 2012

Jakarta, Tim Lingkungan (Environmental Management Unit) dari HQ United Nations Interim Force in Lebanon Naqoura mengecek kesehatan lingkungan Markas Satuan Tugas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt) di UN Posn 7-1, Adshid al Qusayr, Lebanon Selatan, Kamis (10/5).

Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, Lettu Inf. Suwandi, melalui pesan elektronik di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa kedatangan tim yang dipimpin oleh Mrs. Jihann Shaheen sebagai Environmental Officer dan tiga orang lainnya ini melaksanakan penilaian terhadap kesehatan lingkungan.

Kesehatan lingkungan itu, kata dia, mencakup kebersihan, kenyamanan lingkungan kerja, pengolahan sampah, dan limbah berbahaya serta piranti lunak yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan di sekitar Markas Indobatt.

Kedatangan tim diterima oleh Mayor Mar Agus Wahyudi Pasilog Satgas didampingi dokter Satgas Lettu Kes dr. Iwan Junianto, Pafuel Kapten Adm Prastyo Hadi dan LO Kapten Mar Ronny A. Purba. Sasaran pengecekan tim, antara lain tempat fasilitas pengolahan air limbah (waste water treatment), generator dan tangki bahan bakar, tempat pengisian bahan bakar (fuel station), dapur, bengkel, dan rumah sakit.

Tempat-tempat tersebut sengaja dipilih, karena memiliki keterkaitan secara tidak langsung dengan kesehatan lingkungan, katanya.

Menurut dia, hasil dari kunjungan ini nantinya akan diolah oleh Tim Lingkungan UNIFIL, apabila ada temuan akan disampaikan dan menjadi masukan untuk kemajuan dan perbaikan kedepan.

“Kegiatan yang berlangsung sekitar tiga jam ini berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Jihann mengatakan bahwa secara umum kesehatan lingkungan Markas Indobatt sudah cukup baik, menurutnya keadaan yang sudah baik saat ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia