KAPUAS HULU GELAR HARKITNAS DI PERBATASAN

Rabu, 16 Mei 2012

Pontianak, Pemerintah Kapuas Hulu akan menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada 21 Mei mendatang di perbatasan Badau-Malaysia untuk membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat di sana.

“Nantinya, upacara dalam rangka Harkitnas di Badau ini melibatkan seluruh unsur di Kabupaten kapuas Hulu, yakni pemerintah daerah, Kodim 1206/PSB, Yonif 644/WLS, Polres Kapuas Hulu, dan lainnya dan diperkirakan sekitar 1500 peserta maupun undangan akan mengambil bagian pada apel ini,” kata Kabag Humas Setda Kapuas Hulu, Jantau, Selasa.

Bahkan, pihaknya juga akan mengundang Distric Oficier (DO) atau Camat Lubuk Antuk, Malaysia. Karena, menurutnya, dengan mengundang DO yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Kecamatan Badau itu diharapkan semakin menjaga keakraban dan hubungan baik antara Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Malaysia.

“Undangan sudah kami layangkan. Namun, sampai saat ini belum ada jawaban bersedia hadir atau tidak,” tuturnya.

Dijelaskan Jantau, dipilihnya Kecamatan Badau atas kesepakatan antara pemerintah daerah, TNI, dan Polri di Kapuas Hulu. Selain itu, karena di Kecamatan Badau saat ini sedang ada kegiatan Eksebisi Khatulistiwa 2012 Subkorwil-03/Putussibau di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kami rencanakan Bapak Bupati Kapuas Hulu, Nasir, sebagai inspektur upacaranya, dan komandan upacaranya dari Yonif 644/WLS. Diperkirakan Kapuas Hulu akan menjadi satu-satunya kabupaten di Kalbar yang merayakan Harkitnas di kawasan perbatasan, bahkan direncanakan akan diliput tiga TV swasta nasional yang saat ini sedang mengikuti tim Eksebisi Khatulistiwa 2012,” tuturnya.

Pihaknya juga mengharakan dengan dipusatkan penyelenggaraan upacara di Badau, kawasan perbatasan yang dijadikan serambi terdepan NKRI itu lebih menjadi pusat perhatian.

Selain itu, lanjut dia, dipilihnya Kecamatan Badau karena daerah itu dalam waktu dekat direncanakan akan dibuka Pos Lintas Batas (PLB) Badau yang menghubungkan antara negara Indonesia dan Malaysia.

Sumber :  Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia