DANREM PERBATASAN AKAN DIJABAT PERWIRA BERBINTANG SATU

Selasa, 22 Mei 2012

Jakarta, Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul mengatakan, Komandan Komando Resor Militer di daerah perbatasan akan dijabat oleh perwira berbintang satu berpangkat Brigadir Jenderal.

“Ada sembilan daerah, di antaranya Tanjungpinang, Pekan baru, Merauke, Lampung, Pekanbaru-Riau, Sorong (Papua Barat), dan Yogyakarta,” kata Kapuspen Mabes TNI usai pengukuhan Pengurus Pusat Generasi Muda FKPPI di Jakarta, Senin.

Menurut dia, kebijakan itu dilakukan atas pertimbangan wilayah tersebut berada di daerah perbatasan langsung dengan negara tetangga. Jabatan Danrem biasanya dijabat oleh perwira berpangkat Kolonel.

Selain itu, lanjut dia, wilayah tersebut tidak memiliki Komando Daerah Militer (Kodam) dan memudahkan konsolidasi dengan Gubernur di wilayah tersebut.

“Untuk daerah Yogyakarta sendiri, pertimbangannya karena daerah itu merupakan daerah istimewa,” ujar Iskandar.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AD Brigjen TNI Pandji Suko Hari Juhdo akan dimutasikan menjadi Danrem 171/PVT Kodam XVII/Cendrawasih, Sorong, Papua Barat dan digantikan oleh Kolonel Arh Sisriadi dari Paban V/Dalaga Slogad.

Selain itu, Brigjen TNI Teguh Rahardjo dari Pati Ahli Kasad Bid Jemen Sishankamneg menjadi Danrem 031/WB Kodam I/BB (Pekanbaru�), Brigjen TNI Deni K. Irawan dari Pati Ahli Kasad Bidang Sosbud menjadi Danrem 033/WP Kodam I/BB (Tanjung Pinang), Brigjen TNI Ferdinand Setiawan dari Pati Ahli Kasad Bidang Idpol menjadi Danrem 161/WSA Kodam IX/Udy (Kupang), Brigjen TNI Adi Widjaya dari Wagub Akmil menjadi Danrem 072/PMK Kodam VI/Dip (Yogyakarta).

Hal itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/194/V/2012 tanggal 5 Mei 2012 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Sumber : Antara



Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia