EKSPEDISI KATHULISTIWA TEMUKAN 539 PATOK PERBATASAN

Kamis, 24 Mei 2012

Nunukan,  Tim Ekspedisi Khatulistiwa Sub Koordinator Wilayah 5 Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur, sampai Rabu (23/5) sekitar pukul 17.00 Wita telah menemukan 539 patok perbatasan Indonesia-Malaysia di wilayah tersebut.

“Patok dengan nomor B.600 ini tepatnya di Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dengan jarak tempuh 177 kilometer dari 418 kilometer yang harus dijalani Tim Penjelajah,” kata Mayor Inf Achiruddin, di Nunukan, Rabu.

Wakil Komandan Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Sub Koordinator Wilayah (Korwil) 5 Nunukan tersebut, juga menambahkan, hingga kini baru sepersepuluh jumlah patok yang ditemukan.

“Dari 5.261 jumlah patok yang harus ditelusuri, sejak memulai perjalanan pada 13 April 2012 di patok 1 Sei Pancang Pulau Sebatik, baru sepersepuluh yang ditemukan,” ungkapnya.

Dikaakan, Tim Penjelajah Khatulistiwa yang sedang berjalan sekarang, terdiri dari 10 personel di bawah pimpinan Letda Inf Anantha dari Satuan 81 Kopassus.

Selama berada di Kecamatan Sebuku, lanjutnya, tim penjelajah mulai menemukan kondisi geografis yang cukup berat dibandingkan awal-awal perjalanan.

Akibatnya, menurutnya, tim terpaksa mengarungi hutan tua yang belum terjamah oleh manusia dengan medan terjal dan sesekali menyeberangi sungai besar.

Walaupun demikian, demikian Achiruddin, pasukan tim penjelajah tetap semangat dan terus menjalankan instruksi untuk tetap berada pada koridor serta tujuan ekspedisi ini untuk menelusuri seluruh patok-patok perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia di Kabupaten Nunukan.

“Tim penjelajah ini bergerak ke Barat dan akan finis di Long Medan, Kecamatan Krayan,” ujar Achiruddin kepada ANTARA.

Sumber :  Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia