11 MAHASISWA UNHAN BELAJAR DI CHINA

Senin, 4 Juni 2012

6a5ebfd256aaf9928bd29134830a9db8Beijing, Sebanyak 11 orang mahasiswa program studi Ekonomi Pertahanan Universitas Pertahanan RI mengikuti studi di Universitas Pertahanan Nasional (National Defence University/NDU) China.

Direktur Kerja Sama antar-Kelembagaan Universitas Pertahanan RI Brigjen TNI Makmur Supriyatno kepada ANTARA di Beijing, Senin mengatakan, keberadaan 11 mahasiswa itu merupakan bentuk kerja sama yang telah dijalin antara Unhan dan NDU China. “Unhan dan NDU China telah menjalin kerja sama pada November 2011, dan pertukaran mahasiswa ini merupakan salah satu bentuk kerja sama tersebut,” kata Makmur.

Ditemui usai diterima Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Imron Cotan, ia mengatakan China merupakan salah satu negara yang tengah berkembang pesat di segala bidang, utamanya bidang pendidikan pertahanan.

“Jadi sangat potensial bagi univeritas pertahanan dua negara untuk menjalin kerja sama sebagai bagian dari kerja sama kedua negara yang telah berjalan baik, dan diharapkan dapat meningkat dimasa datang,” ujarnya, berharap.

Makmur menuturkan selain mengikuti pendidikan di NDU China di Beijing, para mahasiswa tersebut juga akan mempelajari perkembangan dan pertumbuhan ekonomi China yang cukup pesat dengan mengunjungi Shanghai. “Kami juga akan memperdalam kerja sama apa saja yang bisa dilakukan terkait pembentukan pusat kajian ekonomi pertahanan yang dikerjasamakan Unhan dan Universitas Tsinghua,” ujar Makmur, mengungkapkan.

Program “pertukaran mahasiswa” antara Unhan dan NDU kali ini merupakan yang kali kedua sejak 2011.Universitas Pertahanan RI kini memiliki tujuh program studi antara lain Manajemen Pertahanan, Strategi Perang Semesta, Manajemen Bencana, Ekonomi Pertahanan, Perang Asimetris, dan Ketahanan Energi.

Sumber :  Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia