MENHAN: PEMERINTAH UPAYAKAN PENYELESAIAN PERSUASIF DI PAPUA

Senin, 11 Juni 2012

d521e18abefb495c722f0636e317ec51Jakarta, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro menegaskan, pemerintah tengah mengupayakan langkah penyelesaian secara persuasif guna menciptakan kondisi kondusif di Papua menyusul serangkaian aksi penembakan.

“Upaya penyelesaian serangkaian aksi teror dengan penembakan di Papua harus dilakukan secara cermat,” kata Purnomo Yusgiantoro menjelang rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Menurut dia, Polri dan TNI tengah melakukan penyelidikan dan melakukan langkah persuasif guna menciptakan kondisi kondusif di Papua.

Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua, kata dia, ditangani Kepolisian, sedangkan jika ada aksi teror dari kelompok separatis penanganannya akan dibantu TNI.

Badan Intelijen Negara (BIN), kata dia, juga ada di Papua tengah melakukan penyelidikan guna mencari tahu siapa yang mengarahkan aksi teror tersebut.

“Penyelidikan dan langkah pendekatan ini harus dilakukan secara hati-hati dan cermat karena hal ini persoalan sensitif,” katanya.

Menurut dia, ancaman internal yang sifatnya gangguan Kamtibmas merupakan ranah Kepolisian dan akan diselesaikan oleh Kepolisian.

Sedangkan masalah separatisme, menurut dia, penanganannya akan dibantu TNI yakni melalui Kodam di Papua.

Aksi kekerasan dengan penembakan di Papua terjadi di sejumlah lokasi dalam beberapa bulan terakhir.

Aksi penembakan terbaru, terjadi di halaman Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Kampus Universitas Cendrawasih Papua, pada Minggu (10/6) malam.

Sumber :   Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia