DIPERLUKAN KERJA SAMA ATASI KONFLIK KEAGAMAAN

Jumat, 15 Juni 2012

7bec1c9793ca7995184ad76ad5f6b243Bandung, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaya menyatakan salah satu cara mengatasi konflik dalam kehidupaan keagamaan adalah kerja sama di antara pimpinan daerah mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota dengan melibatkan semua unsur masyarakat.

“Kami juga turut menyoroti masalah dalam kerukunan antar umat beragama di Jabar dan untuk mengatasi konflik bermuatan isu keagamaan diperlukan kerja sama antar semua pimpinan daerah,” kata Sonny Widjaya, di Kota Bandung, Kamis.

Ditemui saat menyampaikan pendapatan dalam Rapat Fasilitasi Koordinasi Pimpinan Daerah dalam Rangka Mewujudkan “Ketentraman Ketertiban Masyarakat di Provinsi Jabar Tahun 2012”, Sonny menuturkan, dalam menyikapi berbagai masalah di daerah, perlu melibatkan tokoh agama, organisasi keagamaan dalam kerukunan umat agama.

“Selain itu juga harus ada aplikasinya di lapangan, artinya hal ini tidak cukup hanya rapat-rapat,” kata Pangdam.Menurut dia, permasalahan keagamaan yang terjadi di daerah memang tidak bisa diselesaikan jika dengan hanya rapat-rapat pemerintah daerah.

“Kerukunan umat agama itu, merupakan sebuah tugas bersama, tidak bisa dilakukan secara perorangan atau kelompok,” kata dia.Dikatakannya, salah satu aplikasi penting untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban di masyarakat seperti dengan meningkatkan pendidikan Pancasila di semua jenjang.

Peningkatan pendidikan Pancasila juga perlu didukUng dan dilakukan semua pihak sehingga ancaman konflik antarumat beragama bisa diminimalkan dan tidak merongrong kepada keutuhan NKRI.”Tentunya, kita semua berharap tidak terjadi siklus tujuh abad. Kita perkuat dengan penanaman ajaran Pancasila dan menjaga NKRI ini tugas tangungjawab bersama,” kata Pangdam.

Sumber :  Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia