Menhan Beserta Ibu Berkunjung ke Museum Kutai Kertanegara

Senin, 18 Juni 2012

851c4366b3f9a3cf98d3951403dcd039Samarinda, Kalimantan Timur, Usai meresmikan pabrik Amonium Nitrat terbesar di Bontang kemarin (15/6), Menhan, Purnomo Yusgiantoro beserta ibu Lis Purnomo Yusgiantoro dan Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek, Sabtu (16/6) menyempatkan untuk berkunjung ke Museum Kutai Kertanegara, di Tenggarong, Kalimantan Timur.

Selama kunjungannya Menhan dan ibu menyaksikan berbagai benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara seperti singgasana Sultan Kutai yang diapit dua arca Lembu Swana, sementara di latar belakangnya terdapat dua mozaik gambar Sultan Kutai Kartanegara ke-17 AM Soelaiman dan Sultan Kutai Kartanegara ke-18 AM Alimoeddin.

Disamping itu banyak lagi koleksi benda-benda peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara yang disaksikan rombongan Menhan ini, misalnya lemari kristal yang didalamnya tersusun rapi seperangkat alat upacara Pangkon Perak, perhiasan, keris dan tombak, kursi santai yang biasa digunakan Sultan untuk beristirahat, ada pula rehal atau alas kitab suci Al Qur’an dan kursi yang terbuat dari tanduk rusa Siberia dan tanduk rusa lokal yang biasa digunakan keluarga Sultan untuk mengaji.

Salah satu obyek wisata bersejarah di kota Tenggarong yang saat ini masih menjadi primadona pariwisata Kutai Kartanegara adalah Museum Mulawarman bekas keraton atau istana Kesultanan Kutai Kartanegara. Disamping berkunjung ke Museum Kutai Kertanegara, Ibu Lis Purnomo Yusgiantoro juga menyempatkan untuk berziarah ke makam Sultan Kutai Kertanegara yang ke-17 yang ada dikompleks museum.

Turut ikut dalam rombongan kunjungan Menhan ke Museum Kutai Kertanegara, alumni Kursus Reguler Angkatan (KRA) 25 Tahun 1992 Lemhannas RI, dan pejabat Kemhan lainnya.

Sumber :  DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia