TNI AU-USAF GELAR LATIHAN BERSAMA

Senin, 25 Juni 2012

Jakarta, TNI Angkatan Udara (AU) menggelar latihan bersama dengan Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force/USAF) di gedung Terminal Selatan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin.

Latihan bersama antara TNI AU dan USAF yang digelar sejak Senin (25/6) hingga Jumat (29/6) nanti dan dengan nama Cope West 2012 itu diikuti oleh 50 orang prajurit TNI AU, terutama dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan 80 prajurit USAF.

Pada awal latihan bersama itu, sebanyak 28 penerjun dari Pasukan Khas (Paskhas) TNI melakukan aksi terjun statik dengan menggunakan dua unit pesawat Hercules tipe A C-130 milik USAF.

Usai membuka latihan itu, Komandan Wing I Lanud Halim P Kolonel Pnb Ardhi Tjahjoko, mengatakan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini terjun payung dengan statik dan dropping personil ke Detasemen TNI AU di Gorda Serang.

“Kita juga latihan bersama untuk dropping logistik, teknik pengepakan yang kuat untuk kepentingan dropping logistik dan personel. Serta latihan ‘Free-fall’ dan diskusi kelas,” ujar Ardhi.

Menurut dia, latihan bersama yang sudah berlangsung sejak 2009 lalu itu, tidak berbeda dengan latihan yang digelar saat ini.

“Latihan yang digelar saat ini, sebagian besar sudah diterapkan oleh TNI AU. Latihan ini untuk memperlancar dan mengasah keterampilan yang sudah ada,” tutur Ardhi.

Latihan itu juga melibatkan Paskhas TNI AU sebanyak 40 anggota termasuk Jump Masters-nya. USAF menggunakan Hercules tipe A dan Indonesian Air Force menggunakan pesawat tipe long body.

Letkol Rick Richard selaku Cope West Detachment Commander, menambahkan, kerja sama dengan Angkatan Udara Indonesia (TNI AU) dinilai sangat penting untuk mengasah kemampuan antara USAF dan TNI AU.

“Indonesia sangat strategis dan areanya sangat penting. Ini fantastis dan TNI AU cukup profesional,” ujarnya.

Sumber : Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia