LANTAMAL MANADO KETAMBAHAN KAPAL PATROLI

Selasa, 26 Juni 2012

Manado, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado, ketambahan kapal patroli cepat dengan diresmikannya kapal “Patkamla Bunaken”, pada pekan lalu.

Patkamla Bunaken, adalah kapal patroli kecil bertipe katamaran atau dua lambung yang diawaki oleh lima prajurit TNI AL.

Asisten Operasi Lantamal VIII Manado, Letkol Laut (P) Suradi Agung Slamet, di Manado, Senin, mengatakan, kapal ini merupakan kapal reaksi cepat yang bersifat pemburu.

“Dengan ketambahan satu kapal patroli ini, semakin memperkuat pertahanan kita meski sifatnya patroli terbatas hanya di perairan Manado. Namun kehadiran kapal dapat mempersempit ruang gerak para pelaku pelanggar hukum di laut, khususnya perairan Manado,” kata Suradi.

Suradi Agung Slamet mengatakan, kehadiran kapal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Lantamal Manado dalam menjalankan tugas menjaga pertahanan wilayah laut dari segala macam bentuk ancaman pertahanan maupun tindak pelanggaran hukum di laut.

“Jika dibutuhkan, Patkamla Bunaken itu bisa difungsikan juga sebagai kapal pengamanan VIP,” kata Suradi.

Dinas Penerangan Lantamal VIII Manado, Lettu Very Muntahir mengatakan, kapal tersebut diresmikan, Komandan Lantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Guguk Handayani di dermaga TNI AL Samuel Languju, Bitung, pada Jumat (22/6).

Patkamla Bunaken tersebut beroperasi di bawah Komando Satuan Keamanan Laut (SATKAMLA) Lantamal VIII Manado.

Kapal patroli kecil bertipe katamaran yang akan beroperasi di wilayah perairan Manado dan sekitarnya, dikomandani Lettu Laut Sungkono.

Sumber : Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia