PANGDAM CENDERAWASIH: OPM LARI KE PERBATASAN RI-PNG

Senin, 2 Juli 2012

Jayapura,  Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Erwin Safitri mengakui, pihaknya tidak bisa terus mengejar anggota OPM karena kelompok tersebut setelah melakukan penghadangan langsung melarikan diri ke wilayah perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

“Kita tidak punya wewenang untuk terus mengejar hingga ke wilayah negara tetangga,” kata Pangdam Cenderawasih kepada wartawan di Jayapura, Minggu.

Dikatakan, kelompok OPM pimpinan Lambert Pekikir itu setelah menghadang kendaraan yang membawa Dan Yon 431 Letkol Inf Indarto diduga kemudian menembak pengendara motor yang berada sekitar 200 meter di belakang kendaraan milik Yon 431.

Hal ini diketahui setelah Dan Yon 431 memintai bantuan ke pos terdekat sehingga dengan adanya tambahan personel mereka kembali ke lokasi hingga sempat terjadi kontak senjata.Saat kembali ke lokasi itulah diketahui ada warga yang tewas, kata Mayjen TNI Erwin Safitri, dan jenazahnya ditemukan berada di pinggir jalan agak jauh dari motornya.

Korban terkena tembakan dibagian kepal dan perut, kata Pangdam Cenderawasih.Menurut Pangdam, saat melakukan penghadangan kelompok OPM itu berjumlah sekitar 20 orang dengan membawa lima pucuk senjata dari berbagai jenis termasuk senjata rakitan.

Saat ini situasi keamanan di wilayah Kabupaten Keerom yang terletak di perbatasan RI-PNG aman dan terkendali, namun anggota tetap bersiaga dan waspada, kata Mayjen TNI Erwin Safitri

Sumber :  Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia