PANGDAM: PATROLI YON 431 DIHADANG OPM

Senin, 2 Juli 2012

Jayapura, Kelompok separatis bersenjata tentara pembebasan nasional/ organisasi papua merdeka atau tpn/opm, Minggu menghadang kendaraan patroli Yon 431 Kostrad, saat hendak melintasi kawasan Sawi Tami, Kecamatan Wembi, Kabupaten Keerom, perbatasan RI-PNG.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Erwin Safitri yang dihubungi ANTARA, Minggu, mengakui, anggotanya itu dihadang saat melintas di kawasan tersebut hingga terjadi baku tembak yang menewaskan satu warga sipil yakni Kepala Desa Sawi Tami.

Sementara itu, Komandan Yon 431 Kostrad Letkol Inf Indarto yang dihubungi secara terpisah mengakui, dirinya bersama anggota sedang melakukan patroli rutin ke pos-pos, dan saat melintas kampung Sawi Tami dihadang kelompok OPM yang dipimpin Lambert Pekikir.

“Anggota saya terluka akibat terkena pecahan kaca mobil, ” kata Dan Yon 431 seraya menambahkan selain menghadang kendaraannya maka OPM juga menembaki kendaraan lain yang berada dibelakangnya.

Akibatnya satu warga sipil tewas yakni Kepala Desa Sawi Tami Yohannes, jelas Dan Yon 431 yang wilayah tugasnya di RI-PNG.

Sumber :  Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia