Talk Show Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan dengan KBR 68 H di Studio Mini Puskom Publik Kemhan

Kamis, 5 Juli 2012

0b8122da8703ddb1092e71af30234d43Jakarta, Meski terdapat beberapa kejadian gangguan keamanan di beberapa daerah, namun secara umum situasi keamanan di Indonesia saat ini secara nasional bisa dikatakan masih dalam batas kondusif.

Hal tersebut diungkapkan Staf Ahli Menhan Bidang Pertahanan, Mayjen TNI Zainal Fahri Tamzis, Rabu (4/7) saat menjadi nara sumber dalam acara Live Talk Show Sarapan Pagi di Studio Mini Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan di Jakarta. Acara Talk Show Sarapan Pagi tersebut merupakan hasil kerjasama antara KBR 68 H dengan Pusat Komunikasi Publik Kemhan dalam memberikan informasi secara luas kepada publik terkait dengan kebijakan Kemhan di bidang pertahanan negara.

Mayjen TNI Zainal Fahri Tamzis mengatakan, gangguan-gangguan keamanan yang terjadi dewasa ini tentunya berkaitan dengan beberapa wilayah yang rawan, antara lain wilayah Papua dan Aceh.

Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan dalam kesempatan Talkshow ini menjelaskan wilayah-wilayah tersebut merupakan salah satu kondisi dalam negeri yang sedang menonjol karena adanya aksi separatisme, yang mana bahwa di indikasikan terdapat pihak-pihak tertentu yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

Seiring dengan situasi tersebut, pemerintah terus berupaya melakukan langkah-langkah antisapasi keamanan nasional, seperti mencegah aksi kekerasan dan memprioritaskan proses persuasif yang dilakukan oleh pihak TNI dan POLRI.

Dijelaskan juga Mayjen TNI Zainal Fahri Tamzis, potensi ancaman lainnya masalah perbatasan yang sangat kompleks dengan aksi-aksi pelintas batas dan aksi-aksi ancaman yang bersifat non militer seperti pembalakan kayu dan pencurian sumber daya alam lainnya.

Sementara itu, Mayjen TNI Zainal Fahri Tamzis menilai masih terdapat potensi ancaman lain seperti dari luar negeri, namun kondisinya diprediksi sangat kecil kemungkinannya. Karena, menurut Staf Ahli Menhan yang membidangi keamanan Indonesia merupakan negara yang berdaulat dan cinta damai. Selain itu Indonesia telah bergabung dengan Forum Asean. Melalui Forum Asean inilah Pemerintah Indonesia bersama negara-negara tetangga sepakat untuk bisa menjaga kondisi keamanan di wilayah nasional dan regional.

Sumber  :  DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia