Penyuluhan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran di Lingkungan Kemhan

Jumat, 13 Juli 2012

761a3c96b29245e6b75a41455a2da136Jakarta, Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan, Kamis (12/7) menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan penanggulangan bahaya kebakaran bagi personel di lingkungan Kemhan, di Gedung Tendean Kemhan, Jakarta.

Penyuluhan dan pelatihan yang dibuka Kepala Bagian Pengamanan Biro Umum Setjen Kemhan, Kolonel Inf. F. S Multhazar diselanggarakan dari tanggal 12-13 Juli 2012 dan diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari Satuan Kerja di lingkungan Kemhan. Pada penyuluhan dan pelatihan ini mengundang sekitar 12 pelatih dan nara sumber dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Provinsi DKI Jakarta.

Adapun materi latihan yang diberikan kepada peserta meliputi, Manajemen keselamatan kebakaran gedung dalam keadaan aman, manajemen keselamatan gedung dalam keadaan darurat. Selain itu materi lainnya, yakni tahapan-tahapan evakuasi, pelatihan pemadaman dan latihan evakuasi gedung.

Diharapkan para peserta pelatihan setelah mengikuti dapat memahami kemudian menguasai sehingga mampu dan mahir dalam melaksanakan tugas dalam tindakan pencegahan pemadam kebakaran atau represif dalam rangka memadamkan kebakaran yang terjadi di instansi Kemhan.

Pada hari pertama ini juga di peragakan oleh personil gabungan pemadaman kebakaran Kemhan dan dinas pemadam kebakaran Provinsi DKI mengenai tekhnik pemadaman tradisional dan modern dengan menggunakan alat karung basah dan alat bantu pemadam api lainnya seperti Bompet, Fire Block dan Powder.

Sumber :   DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia