Canada`s National Security Programme (NSP) Bagian Dari Upaya Peningkatan SDM Pertahanan

Selasa, 21 April 2015

101215Jakarta, Ditjen Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan yang diwakili Direktur Wilayah Pertahanan Ditjen Strahan Kemhan Laksma TNI Raja Morni Harahap, Jumat (17/4), menerima kunjungan siswa Canada’s National Security Programme (NSP) yang dipimpin oleh Director of Programmes Joint Command and Staff Programme’s (JCSP) Captain (N) B.A Moseley, CD di Kantor Kemhan, Jakarta. Kunjungan Delegasi  ke Kementerian Pertahanan ini merupakan bagian dari program Field Study. Siswa NSP juga mengunjungi Jepang dan Republik Korea, dan besok dua delegasi siswa NSP ini akan bertemu di Beijing Tiongkok. Siswa NSP tidak hanya berasal dari militer dan pegawai pemerintahan Kanada saja namun juga siswa Internasional.

Hubungan kerjasama pertahanan antara RI dan Kanada berkembang sangat pesat terutama di bidang pendidikan dan pelatihan. Indonesia dalam rangka menjalin hubungan pertahanan dengan Kanada juga telah beberapa kali mengikutsertakan perwira TNI untuk mengikuti pendidikan di NSP. Saat ini pun sedang dilakukan seleksi bagi perwira TNI yang akan mengikuti pendidikan di NSP untuk tahun 2016. Kunjungan delegasi siswa NSP ini diharapkan menjadi salah satu jalan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan hubungan pertahanan kedua negara di masa yang akan datang.

Dalam kunjungan ini dipaparkan mengenai Tinjauan Keamanan Regional dari Perspektif Indonesia terhadap Keamanan Regional Global. Isu hangat di kawasan Asia Pasifik adalah Laut China Selatan yang apabila tidak disikapi secara baik akan berpotensi terhadap tidak hanya keamanan dan perekonomian kawasan namun Internasional. Isu lainnya adalah mengenai perkembangan ISIS yang dampak perekrutannya mencapai Kawasan Asia Tenggara. Serta ancaman non tradisional lainnya seperti kejahatan terorganisir lintas negara seperti perdagangan ilegal dan narkoba, serta kejahatan cyber.

Turut hadir untuk berdiskusi bersama para siswa NSP Kanada, perwakilan dari Badan Keamanan Laut RI, UNHAN, Lemhannas, dan perwira TNI alumni NSP Kanada.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia