Struktur TNI Jadi Hal yang Unik di Indonesia

Rabu, 29 April 2015

101215Jakarta,  Salah satu yang menjadi keunikan TNI di Indonesia dibanding negara-negara lain didunia yaitu struktur dan kedudukan Panglima TNI yang berada di bawah komando langsung presiden sebagai panglima tertinggi, bukan di bawah komando Kementerian Pertahanan. Hal ini mengacu pada Undang-undang yang ada bahwa TNI berada dibawah komando dan kendali langsung presiden.

Demikian diungkapkan Direktur Kerjasama Internasional, Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Dirkersin Ditjen Strahan) Kemhan Brigjen TNI Sisriadi dalam kata pengantarnya saat menerima kunjungan delegasi National Defence University (NDU) Pakistan yang dipimpin Commodore Shahid Sohail Rao, Senin (27/4), di Kemhan Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, delegasi NDU Pakistan selain menerima penjelasan tentang Kemhan dari Dirkersin juga menerima paparan tentang  “The environment Strategic Issues and its implication to Indonesia” dari Kolonel Kav. Oktaheroe Ramsi.

Tidak lupa Dirkersin mengucapkan terima kasih kepada siswa NDU Pakistan yang telah memilih Indonesia sebagai salah satu negara tujuan kunjungan NDU Pakistan dengan harapan kunjungan singkat ini dapat membawa manfaat bagi peserta NDU Pakistan yang terdiri dari berbagai negara seperti Pakistan, Malaysia, Jordania, Australia dan Inggris.

Setelah mengunjungi Kemhan Jakarta, direncanakan delegasi NDU Pakistan akan mengunjungi Bali sebagai bagian akhir dari kunjungannya ke Indonesia.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia