Kemhan Susun Grand Design Pembinaan Kesadaran Bela Negara

Jumat, 8 Mei 2015

101215Jakarta,  Kementerian Pertahanan saat ini sedang menyusun Grand Design Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN). Sebagai tahap awal dalam rangka penyusunan Grand Design PKBN ini, Kemhan melalui Direktorat PKBN Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri pejabat perwakilan dari sejumlah kementerian/ lembaga terkait.

FGD dibuka oleh Direktur Jenderal Pothan Kemhan yang diwakili Direktur PKBN Ditjen Pothan Laksma TNI Muhammad Faisal, SE, MM., Selasa (5/5) di kantor Kemhan, Jakarta. Melalui FGD ini, maka diharapkan Kemhan akan mendapatkan masukan untuk melengkapi dan menyempurnakan naskah penyusunan Grand Design PKBN.

Dirjen Pothan Kemhan Dr. Timbul Siahaan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Dir PKBN Ditjen Pothan Kemhan menyampaikan, FGD ini diselenggarakan untuk membahas Naskah Akademik Grand Design PKBN yang merupakan draft awal untuk didiskusikan agar diperoleh hasil yang lebih baik, artinya nantinya akan menjadi pedoman yang dapat diterapkan, dan selanjutnya akan dijadikan acuan secara nasional dalam penyelenggaraan PKBN pada kementerian/lembaga.

“Diharapkan diskusi dilakukan untuk menyamakan visi, misi dan presepsi seluruh komponen bangsa dalam rangka PKBN dengan tujuan menyamakan langkah dalam mengimplentasikan Bela Negara khususnya dalam upaya memperkuat sistem pertahanan negara yang bersifat semesta”, tambahnya.

Dirjen Pothan Kemhan lebih lanjut mengatakan bahwa PKBN khususnya tentang semangat bela negara dan cinta tanah air merupakan bentuk pembangunan kepribadian bangsa yang menjadi program prioritas Pemerintahan saat ini yang tertuang dalam Nawa Cita yaitu mewujudkan pendidikan sebagai pembentuk karakter bangsa, memperteguh Kebhineka-an dan memperkuat restorasi sosial serta membangun jiwa bangsa.

Dinamika sikap kepribadian harus dicerminkan dalam aspek kehidupan, baik hukum, ekonomi, politik, sosial budaya, maupun pertahanan keamanan. Dimana pendidikan karakter harus mencerminkan nilai-nilai sejarah pembentuk bangsa, nilai patroitisme, cinta tanah air dan semangat bela negara.

FGD penyusunan Grand Design PKBN ini dilaksanakan melalui diskusi yang sebelumnya diisi dengan ceramah pendahuluan oleh dua narasumber yaitu Dr. Edi Prasetyono (Dosen Universitas Indonesia) dan Prof. Dede Rosada (Rektor UIN). FGD dihadiri peserta antara lain sejumlah pejabat perwakilan dari Kemhan, Kemendikbud, Kemendagri, Kemenakertrans, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Mabes Polri dan BKN.

FGD mengambil tema “Peran Pembinaan Kesadaran Bela Negara Dalam Mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Berkepribadian dan Berbudaya Melalui Program Pemerintah yang Terpadu, Searah dan Berkesinambungan Untuk Mendukung Sistem Pertahanan Semesta“.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia