Grand Design PKBN Upaya Kemhan Mengejawantahkan Revolusi Mental

Rabu, 13 Mei 2015

101215Jakarta,Dirjen Pothan Kemhan Dr Ir Timbul Siahaan MM mengatakan bahwa Grand Design Pembinaan Kesadaran Bela Negara merupakan salah satu upaya Kementerian Pertahanan mengejawantahkan arti revolusi mental yang senantiasa didengungkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Dr Ir Timbul Siahaan MM, Selasa (12/5), saat membuka Workshop Grand Design Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di Aula Gedung Soeprarto Kantor Kemhan, Jakarta. Grand Design PKBN ini bertemakan “Bersama Mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Berkepribadian, Berbudaya melalui Penyelenggaraan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Guna Mendukung Sistem Pertahanan Semesta”.

Pembinaan Kesadaran Bela Negara khususnya yang menyangkut semangat bela negara dan cinta tanah air sebagai bentuk pembangunan kepribadian bangsa yang menjadi program prioritas pemerintah saat ini. Yang tertuang di dalam nawacita yaitu mewujudkan pendidikan sebagai pembentuk karakter bangsa, memperteguh kebhinekaan, dan memperkuat restorasi sosial, serta membangun jiwa bangsa. Dimana sikap dan kepribadian harus dicerminkan dalam aspek kehidupan, baik hukum, ekonomi, politik, sosial budaya, maupun pertahanan dan keamanan.

Pendidikan juga harus mencerminkan nilai-nilai sejarah pembentuk bangsa, nilai patriotisme, cinta tanah air dan semangat bela negara. Atas dasar pemikiran inilah maka perlu penyusunan Grand Design PKBN 2015-2040, agar Bangsa Indonesia dapat melangkah bersama dalam membangun karakter bela negara. Draft naskah akademik grand design PKBN, telah mendapat masukan dari Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 5 Mei 2015 yang lalu, yang dihadiri perwakilan kementerian dan lembaga serta para ahli.

Dalam workshop yang dihadiri oleh perwakilan kementerian dan lembaga, Mabes TNI, Mabes Angkatan Polri, akademisi serta perwakilan ormas ini diharapkan dapat memberikan masukan dan tanggapan untuk semakin melengkapinya sebelum kemudian diajukan kepada Menteri Pertahanan dan selanjutnya kepada Presiden RI.

Workshop ini diharapkan menghasilkan sebuah Grand Design PKBN sehingga dapat memberikan arah serta menyatukan langkah bagi pemangku kepentingan dalam mengimplementasikan Pembinaan Kesadaran Bela Negara kepada seluruh Warga Negara Indonesia. Kementerian Pertahanan sangat mengharapkan adanya masukan, saran dan pendapat serta dokumentasi dalam rangka melengkapi dan menyempurnakan naskah penyempurnaan Grand Design PKBN. Masukan dan saran tersebut melengkapi grand design ini ke tahap selanjutnya.

 

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia