AS – RI Tingkatkan Kerjasama Pertahanan

Selasa, 19 Mei 2015

619460DSC_1225Jakarta, DMC – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Indonesia menginginkan peningkatan kerjasama di bidang pertahanan dikaitkan dengan ancaman nyata yang terus berkembang.

Hal itu mencuat, saat Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu melakukan pertemuan dengan Menhan Amerika Serikat Ashton Carter di Pentagon, Washington, DC, Selasa (12/5).

Peningkatan kerja sama yang diinginkan AS tersebut terfokus dalam dua hal, yakni pertukaran informasi dan intelejen termasuk bidang cyber dalam hal penanganan terorisme maupun pejuang teroris asing (foreign terrorist fighters) serta Teknologi Pertahanan,

Menhan RI juga menyampaikan kebijakan pertahanan Indonesia saat ini, dimana ancaman nyata yang dihadapi meliputi terorisme, bencana alam, bencana akibat kelengahan manusia seperti longsor, kebakaran hutan dan pemanasan global, keamanan maritim khususnya perompakan, kemudian separatisme, pelanggaran perbatasan, kejahatan trans-nasional serta wabah penyakit seperti flu burung, SARS, MARS maupun ebola.

Kedua belah pihak sepakat bahwa kerjasama antar negara menjadi tak terhindarkan dalam menghadapi ancaman-ancaman nyata tersebut.  Oleh karena itu kerjasama pertahanan RI dan AS harus terus ditingkatkan guna menghadapi terjadinya eskalasi ancaman tersebut.

Pada kesempatan pertemuan tersebut, Menhan RI menyampaikan keinginan Indonesia untuk menjadi perhatian khusus AS yaitu Pertama, percepatan pengiriman pesawat F-16 dan Helikopter Apache yang telah disepakati dalam kontrak pengadaan.  Hal ini akan menjadi salah satu indikator untuk meningkatkan hubungan pengadaan alut sista dan kerjasama industri pertahanan kedua negara.  Kedua, sudah saatnya Indonesia dan AS dapat melakukan latihan operasi khusus untuk menghadapi ancaman terorisme antara Kopassus Indonesia dan pasukan khusus AS.  Menhan RI menyampaikan agar kiranya rencana latihan tersebut dapat dimasukan kedalam agenda bilateral kerjasama kedua negara.

Usai melakukan pertemuan dengan Menhan AS, Menhan Ryamizard Ryacudu juga berkesempatan bertemu dengan Admiral Michele Howard, Kasal AS (Chief of US Naval Operations) untuk membahas kerjasama keamanan Maritim termasuk pertukaran pengalaman maupun pertukaran instruktur/pelatih.

Selain itu, Menhan RI juga berkesempatan mengunjungi Pabrik Boeing di Philadelphia yang memproduksi berbagai jenis Helikopter Tempur (Apache dan Chinook) dan menyampaikan keinginan Indonesia untuk membeli 4 buah Helikopter Chinook.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia