Tujuan Mulia ICMM Harus Diwujudkan Secara Nyata Dalam Pelaksanaan Tugas

Kamis, 21 Mei 2015

619460DSC_1225Nusa Dua Bali,  Tujuan Kongres Dunia ke-41 International Committee of Military Medicine (ICMM) adalah memupuk kerjasama dan interoperabilitas kedokteran militer angkatan bersenjata antar anggota ICMM dengan mengedepankan prinsip netralitas untuk kemanusiaan baik dalam konflik bersenjata maupun operasi kemanusiaan lainnya. Tujuan mulia tersebut harus dapat diwujudkan secara nyata dalam pelaksanaan tugas.

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam sambutannya pada acara Gala Dinner, Selasa(19/5) di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua Bali. Dalam jamuan makan malam yang diikuti para peserta Kongres Dunia ke-41 ICMM ini Menhan  Ryamizard Ryacudu didampingi Ny Nora Ryamizard Ryacudu.

Selanjutnya Menteri Pertahanan berharap melalui kongres ini, dapat dirumuskan konsep pelibatan, peningkatan kemampuan dan ketanggapsegeraan tenaga medis militer untuk dapat dihadirkan dalam menghadapi setiap ancaman. Menhan juga mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dan terhormat karena kongres dunia ke-41 ICMM tahun 2015 ini, adalah pertama kalinya Indonesia diberi kepercayaan sebagai tuan rumah.

Antusiasme yang ditampilkan oleh peserta kongres merupakan bukti bahwa kedokteran militer memiliki komunitas yang kuat untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam rangka pemberdayaan kedokteran untuk  tugas-tugas operasi militer maupun kemanusiaan.

Tugas membantu para korban perang, bencana ataupun wabah penyakit merupakan tugas luhur yang harus dikerjakan secara optimal. Menhan meyakini bahwa komunitas kedokteran militer ini dapat memahami betul bahwa tugas kemanusiaan ini adalah tugas mulia sejalan dengan sumpahnya.

Pertemuan atau kongres kedokteran militer ini juga dapat menjadi wadah memperteguh komitmen dalam rangka mengantisipasi dan menghadapi segala bentuk ancaman seperti radikalisme dan terorisme, bencana alam akibat perubahan iklim dan juga wabah penyakit mematikan.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia