Dubes India Ucapkan Terima Kasih Atas Patroli Terkoordinasi TNI AL

Selasa, 11 Agustus 2015

101215Jakarta, Indonesia bagi India adalah partner dan tetangga dekat yang memiliki banyak kesamaan sebagai negara demokrasi dan sebagai negara plural serta kesamaan di bidang kelautan, kebudayaan dan bidang lainnya.  Laut dan pulau Andaman merupakan penghubung yang baik antara Indonesia dan India. Untuk itu pemerintah India melalui Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah RI khususnya kepada TNI AL atas patroli terkoordinasi yang dilakukan TNI AL bersama-sama dengan Tentara Maritim India di laut Andaman.

Hal tersebut diungkapkan Dubes India untuk Indonesia H.E. Mr. Gurjit Singh saat menemui Menhan Ryamizard Ryacudu di kantor Kemhan Jakarta, Senin (10/8). Hubungan kemaritiman kedua negara saat ini berjalan baik  seiring dengan adanya patroli terkordinasi yang dilakukan bersama sehingga terlihat keadaaan laut Indonesia dan India dalam keadaan aman dan damai.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes India juga menyampaikan kebanggaannya pada pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo yang menekankan pada kekuatan poros maritim. Seperti terungkap dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan PM India Narendra Damodardas Modi di Myanmar beberapa waktu lalu bahwa ada dua hal yang mejadi perhatian kedua negara dalam bidang pertahanan.

Pertama adalah kedua negara sepakat bahwa tanggungjawab pengamanan di laut adalah tanggungjawab kedua negara, demi terciptanya keamanan di laut serta dapat bermanfaat bagi semua. Yang kedua adalah Indonesia dan India memiliki kesamaan yaitu sama-sama memiliki kebanggaan atas industri pertahanan yang dimilikinya. Untuk itu pemerintah India mempunyai keinginan untuk melakukan kerjasama dengan Indonesia dalam bidang penyediaan dana, teknologi dan Transfer of Technology (ToT).

Menanggapi hal tersebut, Menhan menyampaikan bahwa keamanan laut merupakan tanggungjawab bersama tidak hanya keamanan pada tingkat lokal dan regional saja tetapi juga ditingkat global. Semua patroli yang dilakukan di laut bukan semata-mata untuk kepentingan perang saja tetapi lebih untuk memelihara perdamaian dunia. Hal itulah yang mendasari PBB dibentuk untuk menciptakan perdamaian dan keamanan dunia.

 

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia