Menhan : Pemimpin Harus Miliki Karakter dan Integritas

Kamis, 13 Agustus 2015

101215Magelang, Menteri Pertahanan mengatakan, karakter adalah merupakan bagian terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kalau dipresentasikan, karakter dari prilaku kredibilitas seorang pemimpin prosentasenya adalah 80 persen. Sedangkan ilmu pengatahuan 5 persen, pengetahuan lainnya 5 persen, dan pengambilan keputusan 10 persen.

“Jadi pemimpin tidak hanya pintar saja, tetapi harus mempunyai integritas dan pemimpin harus mempunyai karakter”, kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat membuka sekaligus menyampaikan keynote speach pada Seminar Nasional Pendidikan Dalam Rangka HUT Ke-25 Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara, Rabu (12/8) di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah.

Lebih lanjut Menhan mengatakan, dunia pendidikan dan pihak yang berkepentingan di jajaran pemerintah berperan besar dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan manusia Indonesia agar dapat bersaing di tengah tantangan globalisasi.

“Dunia pendidikan berperan besar menjadikan generasi cerdas, namun kecerdasan tersebut tidak berarti apa-apa jika tidak diperkaya dengan karakter kebangsaan yang kuat”, jelas Menhan. Menurut Menhan, SMA Taruna Nusantara sebagai salah satu lembaga pendidikan tidak saja mengemban tugas mendidikan generasi muda bangsa menjadi yang cerdas, namun juga telah memiliki komitmen yang tinggi dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi generasi muda yang berciri khas kearifan bangsa Indonesia.

Menhan berharap kepada para lulusan SMA Taruna Nusantara harus dapat menjadi generasi yang memiliki keunggulan dan menjadi contoh yaitu generasi yang memiliki rasa cinta tanah air, kesadaran bernegara, keyakinan terhadap Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara, serta kerelaan berkorban bagi bangsa dan negara. Karena, kesadaran itulah merupakan daya tangkal sekaligus soft power bagi bangsa Indonesia dalam mengejar ketertinggalan.

Seminar Nasional Pendidikan Dalam Rangka HUT Ke 25 SMA Taruna Nusantara ini dihadiri kurang lebih 300 peserta terdiri dari pejabat dari kementerian/lembaga, TNI, Polri dan pejabat Kepala Daerah serta para Alumni dan perwakilan Siswa-Siswi SMA Taruna Nusantara.

 

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia