Dirjen Strahan Kemhan Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI di Pulau Maratua

Kamis, 20 Agustus 2015

101215Berau, Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat di pulau-pulau kecil terluar yang merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pemerintah Pusat yang terdiri dari 17 Kementerian/Lebaga bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Berau menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (17/8).

Pulau Maratua merupakan salah satu pulau terluar dari 31 pulau terluar berpenduduk. Upacara dipimpin oleh Inspektur Upacara Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Strahan Kemhan) Mayjen TNI Yudhi Iswastanto dengan Komandan Upacara Komandan Rayon Militer 0902-08/Pulau Maratua Mayor Infanteri Supriyanto.

Hadir mengikuti upacara tersebut Wakil Bupati Berau Ahmad Rifai yang membacakan teks proklamasi di pulau terluar ini. Selain itu, hadir pula Wakil Ketua DPRD Berau Saga, Asisten I Setkab Berau Anwar serta sejumlah pejabat terkait dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten Berau.

Kegiatan Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke 70 di Pulau Maratua ini merupakan kegiatan tahunan ke tujuh di pulau – pulau kecil terluar yang dilaksanakan oleh  tim gabungan yang terdiri dari 17 Kementerian / Lembaga yang tergabung dalam Tim Perpres 78 Tahun 2015 yang membawa misi kedaulatan, kesejahteraan dan keberlanjutan pengelolaan pulau – pulau kecil terluar.

Pada tahun sebelumnya, kegiatan Upacara HUT Kemerdekaan RI telah dilaksanakan di beberapa pulau-pulau kecil terluar yaitu Pulau Marore, Kab Sangihe pada tahun 2009, Pulau Kisar Kab Maluku Barat Daya tahun 2010, Pulau Lingayan Kab. Toli-Toli tahun 2011, Pulau Morotai Kab. Kepulauan Morotai tahun 2012, Pulau Alor Kab. Alor tahun 2013 dan Pulau Weh Kota Sabang tahun 2014.

Selain pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera, dalam rangkaian Peringatan HUT RI di Pulau Maratua ini juga dilaksankan penyerahan bantuan dari sejumlah Kementerian / Lembaga untuk mendukung pembangunan di pulau terluar ini.

Bantuan tersebut diantaranya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM), berupa dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya masing masing 50 Kwp. Dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional(BKKBN) berupa pelayanan KB dan tim medis. Dari Perpustakaan Nasional berupa bantuan bahan bacaan satu paket dan dari PT Kalbe Farma berupa pelayanan kesehatan gratis dan obat-obatan 3 paket.

 

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia