Bentuk Karakter Generasi Muda, Kemhan Gelar Lomba Parade Cinta Tanah Air 2015

Jumat, 18 September 2015

Kementerian Pertahanan melalui Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan (Desk PPKP) menggelar kegiatan puncak Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2015. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana sosialisasi untuk pembentukan karakter kepada generasi muda Indonesia.

Kegiatan puncak Lomba PCTA 2015 dilaksanakan sejak tanggal 7 sampai dengan 11 Sepetember 2015, diikuti Mahasiswa/Mahasiswi dan Pelajar SLTA Sederajat di seluruh Indonesia dengan tema “Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda, Kita Tumbuhkan Budaya Maritim Indonesia”.

Materi kegiatan berupa lomba menulis artikel tingkat Mahasiswa/Mahasiswi se-Indonesia dan diskusi/uji argument Pelajar SLTA se-Indonesia. Lomba menulis artikel bersifat perorangan, diikuti oleh 34 Mahasiswa/Mahasiswi dari 34 Provinsi. Sedangkan lomba diskusi bersifat tim yang diikuti oleh 34 tim  dengan peserta berjumlah 102 Siswa/Siswi.

Sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini meliputi;  tercapainya kemampuan mengekspresikan pemikiran baik secara lisan maupun tulisan tentang bela negara serta cinta tanah air, tercapainya pembinaan pembentukan karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara dan tersosialisasikannya program bela negara di lingkungan Mahasiswa/Mahasiswi dan Palajar SLTA sederajat di seluruh Indonesia.

Selain mengikuti kegiatan lomba, para peserta Lomba PCTA 2015 juga mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan city tour  berupa wisata sejarah dan budaya yang ada di sekitar DKI Jakarta.  Selain itu, para peserta juga berkesempatan bertatap muka dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pada tanggal 10 September 2015.

Lomba PCTA adalah kegiatan yang digagas oleh Kemhan sejak tahun 2012. Sampai dengan saat ini, Kemhan telah membentuk  Ikatan Alumnni PCTA di setiap provinsi sebagai kader bela negara di lingkungan pendidikan yang dibina oleh Kemhan dan didukung oleh Pemda serta TNI.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia