Menhan Berikan Pembekalan Kepada Peserta LNRPB VI dan PELANTARA V Pada Puncak Sail Tomini 2015

Senin, 21 September 2015

101215Parigi Moutong, Sulteng,  Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menghadiri Acara Puncak Sail Tomini 2015 yang berlangsung di Pantai Kayubura, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (19/9). Sehari sebelumnya, Menhan berkesempatan memberikan pembekalan kepada para peserta Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB) ke VI dan peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (PELANTARA) V.

Sebanyak 283 peserta LNRPB ke VI dan 501 peserta PELANTARA V mengikuti pembekalan dari Menteri Pertahanan, Jumat (18/9) di Pantai Bura Kabupaten Parigi Moutong. Turut pula para peserta Pramuka Saka Bahari dan Pemuda Bahari Kabupaten Parigi Moutong.

Hadir mendampingi Menhan dalam kesempatan tersebut beberapa pejabat Kemhan antara lain Dirjen Kuathan Kemhan Laksda TNI Agus Purwoto, Dirjen Pothan Kemhan Dr. Timbul Siahaan. Sebelum memberikan pembekalannya, Menhan disambut dengan sebuah tarian kolosal Laksamana Raja Di Laut oleh peserta Pelantara V 2015.

Menhan dalam pembekalannya mengajak kepada para peserta LNRPB ke VI dan PELANTARA V serta Pramuka Saka Bahari dan Pemuda Bahari Kabupaten Parigi Moutong selaku komponen bangsa dan generasi penerus di masa depan untuk berperan aktif melalui kapasitas masing – masing untuk mewujudkan Indonesia menjadi bangsa yang besar dan kuat di tengah kompleksitas kehidupan berbangsa dan bernegara dewasa ini.

Menurut Menhan, kemajuan suatu bangsa tergantung pada bagaimana bangsa tersebut memanfaatkan segala potensi nasionalnya yang didukung ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berkembang pesat dewasa ini. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dan salah satunya melalui pembinaan generasi, baik pendidikan maupun praktek lapangan seperti pelayaran nusantara dan perkemahan ini.

Menhan berpesan kepada seluruh peserta untuk jangan pernah berhenti belajar sehingga menjadi generasi yang unggul dan pintar serta siap menjadi duta bela negara serta jangkar persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai agen perubahan, hendaknya haruslah mengedepankan sikap pantang menyerah, semangat bela negara yang tinggi, jujur dan disiplin agar dapat mengantarkan NKRI menjadi negara besar dan disegani.

Kegiatan LNRPB ke VI yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan kegiatan PELANTARA V yang digelar oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka  dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Sail Tomini 2015. Kedua kegiatan tersebut didukung penuh oleh TNI AL.

Tujuan kegiatan antara lain untuk meningkatkan kecintaan pemuda terhadap tanah air, meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme pemuda, meningkatkan kecintaan kebaharian di kalangan pemuda, mengembangkan jiwa wira usaha dan industri maritim di kalangan pemuda, meningkatkan persatuan dan kesatauan di kalangan pemuda dalam rangka NKRI dan melaksanakan pembinaan kepada generasi muda dalam kerangka national character building.

Sementara itu, acara puncak Sail Tomini 2015 yang berlangsung Sabut (19/9) dihadiri oleh Presiden RI Jokowi Widodo dan beberapa Menteri Kabinet Kerja. Acara dimeriahkan dengan parade dan sailing pass KRI dan kapal perang negara sahabat dari Singapura, China, Australia, Malaysia, dan Korea Selatan serta beberapa kapal pemerintah dari Polairud, Bakamla, Basarnas dan kapal-kapal layar masyarakat serta kapal nelayan.

Puluhan kapal perang dan kendaraan tempur marinir serta aksi 41 penerjun bebas dan 8 penerjun freefall pasukan intai amfibi marinir, Kopaska dan Komando pasukan khas inti angkatan udara terjun dari pesawat cassa TNI AL memeriahkan acara tersebut.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia