Diplomasi Pertahanan Ciptakan Hubungan yang Harmonis Antara RI – Singapura

Selasa, 29 September 2015

101215Jakarta,  Diplomasi pertahanan harus tetap dikedepankan demi terciptanya hubungan politik yang harmonis. Bidang Pertahanan akan tetap menjadi instrumen penting dalam membangun kolaborasi sebuah perdamaian, keamanan dan stabilitas untuk dipersembahkan bagi  masyarakat, negara dan umat manusia.

Demikian diungkapkan Menhan RI Ryamizard Ryacudu saat melakukan pembicaraan bilateral (bilateral meeting) di bidang pertahanan dengan Menhan Republik Singapura H.E. Mr. Dr. Ng Eng Hen yang didampingi Dubes Singapura untuk Indonesia Mr. Anil Kumar Nayar, Senin (28/9), di kantor Kemhan Jakarta. Bilateral meeting yang dilakukan setelah upacara jajar kehormatan dan courtesy call (cc) juga dihadiri oleh para pejabat di kedua kementerian.

Secara resmi hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura dimulai pada tahun 1966. Hingga saat ini hubungan itu hampir mencapai usia yang ke-50 dimana usia yang cukup dewasa untuk suatu hubungan bilateral. Hasil yang signifikan dapat dilihat dari berbagai bidang khususnya kerjasama di bidang pertahanan yang telah berumur lebih dari 4 (empat) dekade.

Pondasi hubungan bilateral ini telah terjalin melalui komunikasi yang intensif dan berkelanjutan mulai dari pemimpin hingga interaksi masyarakat kedua negara. Kunjungan Menhan Singapura beserta delegasi kali ini dengan sendirinya merupakan bagian dari interaksi dan komunikasi yang berkelanjutan. Di sekitor pertahanan eratnya hubungan kedua negara dapat dirasakan dari waktu ke waktu. Kebijakan pertahanan RI selalu menempatkan kerjasama pertahanan dengan negara-negara terdekat sebagai prioritas dalam membangun dan menjaga saling percaya.

Sejak tahun 1972 telah berlangsung lebih dari 1000 (seribu) kali interaksi diantara kedua angkatan bersenjata melalui berbagai program dan kegiatan yang produktif seperti pertukaran kunjungan pendidikan dan pelatihan, patroli terkordinasi maupun latihan bersama yang melibatkan ketiga matra kedua angkatan bersenjata. Hal ini menggambarkan pencapaian yang luar biasa dalam pemeliharaan perdamaian kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut Menhan RI menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras kedua pihak dalam memelihara kesinambungan hubungan bilateral pertahanan yang selama ini berjalan sangat baik sehingga dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi  terpeliharanya stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Menanggapi hal tersebut, Menhan Singapura mengatakan sebagai negara yang memiliki kedekatan geografis, Indonesia dan Singapura telah banyak melakukan kerjasama baik antar kedua angkatan bersenjata maupun di bidang pelatihan dan pendidikan serta pertukaran perwira kedua negara. Untuk itu Menhan Singapura berharap kedepannya kedua negara dapat melanjutkan dan lebih meningkatkan kerjasama di bidang pertahanan.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia