Kemhan Berupaya Tingkatkan Peran Perpustakaan Dalam Mendukung Penigkatan Kinerja Instansi

Kamis, 1 Oktober 2015

101215Jakarta,  Kementerian Pertahanan melalui Pusat Komunikasi Publik menyelenggarakan kegiatan Forum Komunikasi Perpusatakaan Lintas Kementerian / Lembaga Pemerintah. Forum ini diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan peran perpustakaan dalam memberikan andil pada peningkatan kemampuan pegawai yang tentunya diharapkan akan berpengaruh pada peningkatan kinerja organisasi.

Forum Komunikasi yang diselenggarakan dengan tema Melalui Peran Perpustakaan Kita Tingkatkan Kinerja Instansi“,  dibuka oleh Sekjen Kemhan Letjen TNI Ediwan Prabowo yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kapuskom Publik Kemhan Brigjen TNI Djundan Eko Bintoro, Rabu (30/9) di kantor Kemhan, Jakarta.

Forum dihadiri oleh para Pejabat Datin/Petugas Perpustakaan di lingkungan Kemhan serta segenap Anggota Forum Perpustakaan Kementerian/Lembaga Pemerintah dan menghadirkan dua orang nara sumber yaitu Ketua Forum Perpustakaan Khusus Indonesia (FPKI) Minanuddin, M.Hum., dan Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI Drs. Supriyanto, M.Si.

Sekjen Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapuskom Publik Kemhan menyampaikan apresiasi atas diadakannya kegiatan ini, karena dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anggota Forum Perpustakaan tentang eksistensi, fungsi dan pengelolaan perpustakaan sebagai salah satu wahana peningkatan kemampuan sumber daya manusia kementerian dan lembaga.

Dijelaskan Sekjen Kemhan  bahwa, penyelenggaraan pemerintahan saat ini dihadapkan dengan tingginya tuntutan masyarakat akan  peningkatan kinerja pemerintah serta reformasi birokrasi.  Ini menandakan bahwa kinerja setiap pegawai menjadi ukuran dalam pencapaian pelaksanaan tugas dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi. Oleh karena itu, peningkatan kinerja mutlak bertumpu pada ketersedian Sumber Daya Manusia yang handal.

Sekjen Kemhan lebih lanjut mengatakan, peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dilaksanakan dengan berbagai cara baik formal maupun non formal.  Salah satu yang diyakini berperan adalah ketersediaan perpustakaan sebagai penyedia informasi dan sumber pengetahuan.

Perpustakaan memiliki peran strategis karena dengan adanya perpustakaan maka akan tercipta Sumber Daya Manusia yang terpelajar, terdidik, terbiasa membaca, berbudaya tinggi serta mendorong terciptanya pendidikan sepanjang hayat (long life education).

Oleh karena itu, Sekjen Kemhan berharap kepada para insan perpustakaan yang memiliki kemampuan menjangkau masyarakat, agar mampu bersinergi dalam menyebarkan budaya membaca dan mencerdaskan kehidupan bangsa. “Hendaknya perpustakaan dapat menjadi sumber inspirasi dan sumber pengetahuan yang mampu memperkaya perspektif pengetahuan”, tambah Sekjen Kemhan.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia