Lima Dasar Bela Negara Harus Diimplementasikan PNS Kemhan/TNI Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Senin, 12 Oktober 2015

685974menhan-pengarahan-pns Jakarta,  Dalam mengimplementasikan bela negara, terdapat lima dasar yang harus terus dikembangkan dan diterapkan oleh para PNS Kemhan dan TNI dalam kehidupan bermasyarakat. Penerapan lima nilai dasar itulah yang seharusnya menjadi landasan sikap dan perilaku bagi setiap warga negara dalam kehidupan sehari-hari sesuai peran dan profesinya termasuk para PNS Kemhan dan TNI.

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Jumat (9/10), saat  memberikan pengarahan kepada PNS Kementerian Pertahanan di Ruang Teater Kemhan, Jakarta. Hadir dalam pengarahan Menhan tersebut Ketua Korpri dari seluruh Satuan Kerja Kementerian Pertahanan dan Ketua Korpri PNS Mabes TNI dan Mabes Angkatan. Saat memberikan pengarahan Menhan didampingi oleh Ketua Korpri Kemhan RI Ir Bennyta Suryo Septanto MT, dan Dirjen Pothan Kemhan Dr Ir Pos M Hutabarat.

Kelima dasar tersebut adalah, pertama adalah cinta tanah air. Kedua, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara. Ketiga, yakin kepada Pancasila sebagai ideologi negara. Keempat, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kelima adalah memiliki kemampuan awal bela negara yang menyangkut kemampuan untuk memiliki sikap dan perilaku yang disiplin, ulet, kerja keras, pantang menyerah, serta kemampuan fisik/jasmani, kesehatan yang prima dan ketangkasan jasmani.

Selanjutnya Menhan juga menegaskan mengenai PNS Kemhan dan TNI sebagai petugas yang berinteraksi dengan masyarakat, yang dalam bertugas setara dengan para prajurit yang telah dibekali berbagai pengetahuan dan gemblengan agar memiliki jiwa juang yang tangguh. Untuk memantapkan pelaksanaan tugas itu berikut ini Menhan memberikan beberapa arahan untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Pertama, jika suatu saat menjadi seorang pemimpin, jadilah pemimpin yang pandai merasa, bukan merasa pandai. Pemimpin yang mampu merasakan apa yang dirasakan oleh anak buahnya. Kedua, selalu menetapkan hati untuk senantiasa berbakti kepada nusa dan bangsa. Ketiga, kemajemukan dan kekayaan lokal adalah keniscayaan, jika dijaga dan dihormati akan menjadi suatu kekuatan bangsa yang dahsyat. Oleh karena itu dalam bersikap dan berinteraksi selalu junjung tinggi norma dan etika yang berlaku. Dengan demikian para PNS sekalian telah memberikan andil di dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta meng-Indonesia-kan Indonesia.

Menhan meminta PNS Kemhan dan TNI memiliki inisiatif untuk melestarikan sikap bela negara seperti yang telah dilaksanakan, misalnya hidup disiplin, menaati aturan dan hukum, dan cinta tanah air. Dengan demikian akan tercipta kesinambungan, semangat cinta tanah air, dari generasi ke generasi berikutnya.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia