Diklat Kader Bela Negara Bagi Pegawai BNI Untuk Membangun Daya Juang dan Wawasan Kebangsaan

Selasa, 13 Oktober 2015

101215Jakarta,  Dalam upacara penutupan Diklat Kader Bela Negara bagi Pegawai BNI, Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin menyatakan bahwa Diklat Bela Negara ini sangat penting untuk membangun daya juang setiap peserta dan membuka wawasan kebangsaan bagi peserta.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Kabadiklat Kemhan) Mayjen TNI Hartind Asrin, Minggu (11/10) menutup Diklat Kader Bela Negara bagi Pegawai BNI yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 9 sampai dengan 11 Oktober 2015 di Kompleks PMPP TNI, Sentul, Bogor. Sebanyak 87 orang pimpinan BNI lulus dalam Pendidikan dan Pelatihan Kader Bela Negara yang diadakan oleh Badiklat Kemhan.Dirinya mengapresiasi para peserta Diklat Kader Bela Negara dari BNI ini yang merupakan pimpinan-pimpinan cabang, dengan penuh semangat mengikuti Diklat Kader Bela Negara ini.

“Saya merasa bangga bisa melatih Bela Negara pada pimpinan BNI ini. Saya berharap setiap pimpinan BNI dapat mengambil manfaat dari Diklat bela negara ini dimana bisa menjadikan masalah menjadi peluang dan diklat ini bermanfaat dan berkontribusi pada negara.” jelas Kabadiklat.

Kabadiklat Kemhan kemudian menjelaskan dalam sistem pertahanan semesta, terdapat tiga komponen pertahanan, komponen utama, komponen cadangan, dan komponen pendukung. Komponen utama adalah TNI, komponen cadangan adalah rakyat yang dilatih untuk memperkuat komponen utama, mereka khusus dilatih lebih lengkap untuk mendukung tugas komponen utama. Komponen pendukung adalah warga negara yang dipersiapkan membantu komponen utama dan komponen cadangan sesuai dengan profesi masing-masing. Disinilah letak para pegawai BNI yang dilatih menjadi Kader Bela Negara, untuk menjadi komponen pendukung.

Diklat Bela Negara bagi karyawan BNI ini diikuti oleh unsur pimpinan Wilayah, Wakil Pimpinan Wilayah,  Pimpinan Cabang dan Pimpinan Sentra Kredit se-Jabodetabek. Ke 87 pimpinan BNI merupakan gelombang pertama dari sekitar 430 Pimpinan BNI di seluruh Indonesia yang akan mengikuti Diklat Bela Negara yang diadakan secara bertahap oleh Badiklat Kemhan.

Sementara itu Pimpinan BNI yang diwakili oleh Adi Sulistyowati Direktur Jaringan dan Layanan mengucapkan terima kasih kepada Kemhan yang sudah melatih karyawan BNI. Banyak hal positif yang dihasilkan dari Diklat ini seperti disiplin, koordinasi yang kuat yang dihasilkan dari kebersamaan yang ditanamkan, daya juang yang ujungnya dapat bermanfaat  dan berkontribusi bagi BNI itu sendiri.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia