Belanda Dukung Visi Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia

Rabu, 21 Oktober 2015

1012152Jakarta,  Hubungan kerjasama antara Indonesia dan Belanda khususnya di bidang pertahanan sudah berjalan sangat baik. Pemerintah Belanda berharap kerjasama tersebut kedepan dapat terus ditingkatkan lebih baik lagi, terutama kerjasama di sektor maritim. Melalui kerjasama di bidang maritim, pihak Belanda  siap memberikan dukungan kepada Indonesia dalam mewujudkan visinya menjadi poros maritim dunia.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar Belanda untuk Indonesia H.E. Mr. Rob Swartbol saat melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu, Selasa (20/10) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

“Kerjasama Indonesia dan Belanda banyak di sektor maritim, kemudian kami juga siap untuk membantu Indonesia dalam mewujudkan visi sebagai poros maritim”, ungkap Dubes Belanda.

Lebih lanjut Dubes Belanda mengatakan bahwa hubungan erat kerjasama di bidang pertahanan antara kedua negara ditandai dengan telah disepekati dan ditandanganinya Memorandum off Understanding (MoU) kerjasama pertahanan oleh kedua negara.

Hubungan baik tersebut juga ditandai dengan kegiatan saling kunjung antar pejabat pertahanan dari kedua negara dan kerjasama di bidang industri pertahanan yaitu kerjasama dalam pembangunan kapal perang antara perusahaan galangan kapal Indonesia dan Belanda.

“Kerjasama ini merefleksikan hubungan baik kedua negara, seperti contohnnya kerjasama yang terjalin antara perusahaan galangan kapal dari kedua negara yang menjadi jembatan bagi peningkatan hubungan baik Indonesia dan Belanda”, ungkapnya.

Senada dengan Dubes Belanda, dalam kesempatan tersebut Menhan RI juga berharap kerjasama pertahanan kedua negara yang telah terjalin baik selama ini dapat terus ditingkatkan. Upaya peningkatan kerjasama yang selama ini telah dilakukan kedua negara diharapkan tetap berdasarkan prinsip saling menghormati, percaya dan saling menguntungkan.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia