Berita Sisfo Pusjemen

Senin, 29 November 1999

BERITA

SISFO BADIKLAT

PUSDIKLAT JEMENHAN

BULAN : 14 FEBRUARI 2013

 

Kapusdiklat Jemenhan selaku Inspektur Upacara telah membuka dengan resmi pada Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Susjemen Pembangunan Karakter Bangsa Angkatan II dan Susjemen Penanggulangan Bencana Angkatan II T.A. 2013, hari Kamis tanggal 14 Februari 2013 pukul 09.00 WIB.

1.  Susjemen Pembangunan Karakter Bangsa Angkatan II, diikuti oleh 20(dua puluh) orang peserta, terdiri dari :

     a.  Kemhan      = 6 orang

     b.  AD             = 9 orang

     c.  AU             = 2 orang

     d.  AL             = 3 orang

Ka Kursus : Kolonel Adm.Drs. H. Eddy Firmansyah, M.M. NRP.516776, Kabid Renmin Pusdiklat Jemenhan.

Jumlah Rincian Materi Pelajaran 142 Jam Pelajaran @ 45 menit.

Kelas yang digunakan adalah Kelas D Gedung Laupase Malau Pusdiklat Jemenhan.

Mess untuk Peserta yang digunakan adalah Mess Muhartono.

 

2.   Susjemen Penanggulangan Bencana Angkatan II, diikuti oleh 20 (dua puluh) orang Peserta, terdiri dari:

a. Kemhan =  2 orang

b. Mabes   =  4 orang

c. AD        =  5 orang

d. AU       =   7 orang

e. AL        =   2 orang

Ka Kursus : Kol. Czi. Zainal Muchtar, NRP. 1900024440168 Widyaiswara Madya Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan.

Jumlah Rincian Materi Pelajaran 145 Jam Pelajaran @ 45 menit.

Kelas yang digunakan adalah Kelas E Gedung Laupase Malau Pusdiklat Jemenhan.

Mess untuk Peserta yang digunakan adalah Mess JD.Prasanto.

Kapusdiklat Jemenhan dalam Sambutannya menyampaikan bahwa dengan dibukanya pendidikan ini, dan dalam waktu yang sangat singkat, kurang lebih 1 (satu) bulan, tidaklah mungkin Lembaga mampu memberikan semua pengetahuan dan keterampilan secara utuh dan rinci. Lembaga hanya menyiapkan dan membekali Peserta Diklat dengan sangat terbatas, mengenai wawasan Penanggulangan Bencana serta Pembangunan Karakter Bangsa. Dan selanjutnya Peserta dapat mengembangkannya pada saat kembali ke Kesatuan masing-masing.

Akhirnya, Kapusdiklat Jemenhan mengucapkan selamat melaksanakan tugas belajar kepada para Peserta, dengan harapan Peserta melaksanakan tugas belajar ini dengan penuh kesungguhan, disiplin dan penuh semangat.

 

 

BERITA

SISFO BADIKLAT

PUSDIKLAT JEMENHAN

14 MARET 2013

Kapusdiklat Jemenhan selaku Inspektur Upacara telah menutup dengan resmi Susjemen Penanggulangan Bencana Angkatan II dan Susjemen Pembangunan Karakter Bangsa Angkatan II, hari ini, tanggal 14 Maret 2013 pada pukul 09.10 WIB di Ruang Upacara Aula Lantai V Gedung LB.Moerdani Pusdiklat Jemenhan.

Kedua Diklat tersebut telah dilaksanakan di Pusdiklat Jemenhan selama 1 (satu) bulan, dan diikuti 20 (duapuluh) orang peserta untuk masing-masing Diklat.

Susjemen Pembangunan Karakter Bangsa Angkatan II dengan Ka Kursus Kol.Adm.Drs. H. Eddy Firmansyah, M.M.,NRP.516776, Kabid Renmin Pusdiklat Jemenhan, telah dilaksanakan dengan baik tanpa kendala yang berarti. Begitu juga dengan Diklat Susjemen Penanggulangan Bencana Angkatan II dengan Ka Kursus Kol.Czi.Zainal Muhtar, NRP. 1900024440168 Widyaiswara Madya Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan.

Dalam Amanatnya, Kapusdiklat Jemenhan menyampaikan bahwa para Alumni Diklat sebagai Aparatur Negara, tidak boleh berpangku tangan dan terkesan lambat dalam menyikapi setiap perubahan yang ada.Dan dituntut untuk bisa segera melakukan perubahan tidak hanya sebatas kata-kata namun hendaknya diaplikasikan dalam langkah yang nyata. Tentunya hal ini sejalan dengan keinginan Pemerintah yang didalamnya adalah Kemhan dan TNI, yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang profesional pada bidangnya. Sehingga diperlukan adanya langkah nyata dalam pola pikir, pola tindak serta perilaku yang sesuai dalam pelaksanaan tugas kita masing-masing. Dan hendaklah kita memulai membuat perubahan dari hal yang kecil, dari diri kita sendiri dan mulai dari saat ini.

Akhirnya, Kapusdiklat Jemenhan menyampaikan salam kepada Pimpinan para Alumni Diklat dan keluarga di rumah dan teriring doa semoga Diklat ini dapat menjadi landasan bagi saudara mantan peserta untuk lebih mengembangkan diri.

 

 

 

BERITA SISFO BADIKLAT

UPACARA PEMBUKAAN SUSJEMEN LITBANG TK.MUDA HAN ANGKATAN XI

DAN SUSJEMEN BENKU HAN ANGKATAN III T.A. 2013

TANGGAL: 19 MARET 2013

 

Kapusdiklat Jemenhan selaku Inspektur Upacara telah membuka dengan resmi pada Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Susjemen Benku Han Angkatan III dan Susjemen Litbang Tk.Muda Han Angkatan XI T.A. 2013, hari Selasa tanggal 19 Maret 2013 pukul 09.00 WIB.

1.   Susjemen Benku Han Angkatan III, diikuti oleh 20 (dua puluh) orang Peserta, terdiri dari:

a.  Kemhan  = 3  orang

b.  AD         = 7  orang

c.  AU         = 9  orang

d.  AL         = 1  orang

Ka Kursus : Pembina IV/a Tjandra Waluyo Djati, S.E., M.M, Widyaiswara Muda Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan.

Jumlah Rincian Materi Pelajaran 487 jam pelajaran @ 45 menit.

Kelas yang digunakan adalah Kelas E Gedung Laupase Malau Pusdiklat Jemenhan.

Mess untuk Peserta yang digunakan adalah Mess J.D.Prasanto.

2.   Susjemen Litbang Tk.Muda Han Angkatan XI T.A. 2013, diikuti oleh 40 (empat puluh) orang Peserta, terdiri dari: 

a.  Kemhan  =   2  orang

b.  Mabes    = 14  orang

c.  AD         = 15  orang

d.  AU         =   4  orang

e.  AL         =   5  orang

Ka Kursus : Letkol Inf.Yuswandi, NRP.32247, Widyaiswara Madya Pusdiklat Jemenhan Badiklat Kemhan.

Jumlah Rincian Materi Pelajaran 458 jam pelajaran @ 45 menit.

Kelas yang digunakan adalah Kelas A Gedung Laupase Malau Pusdiklat Jemenhan.

Mess untuk Peserta yang digunakan adalah Mess JD.Prasanto, Mess Muhartono dan Mess Sisingamangaraja.

Kapusdiklat Jemenhan dalam Sambutannya menyampaikan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa merubah paradigma dalam berpikir dan bertindak secara cepat bukan hanya di bidang pengetahuan IT saja, tetapi juga dalam tata kehidupan masyarakat. Untuk menumbuhkan daya saing bangsa pada era globalisasi saat ini, salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi adalah tuntutan untuk selalu meningkatkan bargaining power di segala bidang melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Para peserta Diklat akan dibekali berbagai ilmu pengetahuan yang mendasari tingkat pemahaman dan keterampilan para peserta dalam melaksanakan tugas di bidang penelitian dan perbendaharaan keuangan yang berorientasi kepada kepentingan pertahanan negara.

Mudah-mudahan bekal ilmu yang diperoleh dalam Diklat ini dapat mendukung perjalanan perjalanan karier saudara, dalam memberikan kontribusi yang lebih baik untuk memajukan Kemhan dan TNI.

Akhirnya, Kapusdiklat Jemenhan mengucapkan selamat melaksanakan tugas belajar kepada para Peserta, dengan harapan Peserta melaksanakan tugas belajar ini dengan penuh kesungguhan, disiplin dan penuh semangat.

 

 

SAMBUTAN KEPALA BNPB

PADA UPACARA PENUTUPAN DIKLAT

SUSJEMEN PENANGGULANGAN BENCANA HAN

ANGKATAN II T.A. 2013

 

Pada Upacara Penutupan Diklat Susjemen Penanggulangan Bencana Han Angkatan II dan Susjemen Pembangunan Karakter Bangsa Han Angkatan II T.A. 2013, Kepala Deputy Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ir.Dody Kuswandy,M.Sc. mewakili Kepala BNPB, menyampaikan amanatnya, antara lain:

Masalah bencana saat ini sudah tidak lagi menjadi persoalan lokal lagi, melainkan sudah menjadi permasalahan global atau internasional. Dimanapun terjadi bencana besar dimuka bumi ini, maka seluruh negara dan organisasi internasional akan datang dan memberikan  bantuan kemanusiaan, baik itu berupa bantuan langsung maupun bantuan yang berupa dana. Untuk hal tersebut, maka banyak dilakukan kerja sama Penanggulangan Bencana, baik tingkat ASEAN, ASIA, APEC, East Asia ataupun di tingkat PBB. Setiap kerja sama di tingkat Internasional bidang Penanggulangan Bencana, Indonesia selalu menjadi pemain utama. Dan bahkan semua negara sudah tahu bahwa Presiden RI  telah dianugerahkan Global Champion di bidang Penanggulangan Bencana oleh PBB tahun  lalu.

Tentu ini suatu pencapaian yang membanggakan seluruh rakyat Indonesia. Merupakan hasil kerja keras semua unsur yang terlibat didalam Penanggulangan Bencana di negara ini, tentunya juga termasuk peran TNI  didalamnya.

Menurut data Bank Dunia, ada sekitar 90 juta penduduk Indonesia yang saat ini bermukim di daerah yang rawan terhadap bencana. Jumlah tersebut bukan merupakan jumlah yang kecil. Dan hal ini akan menjadi pekerjaan besar bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, yang melibatkan semua sektor dan masyarakat, termasuk pelibatan TNI. Dan untuk melaksanakan semua itu, memerlukan ilmu pengetahuan khusus, yaitu salah satunya ilmu manajemen dasar tentang penanggulangan bencana, yang telah diselenggarakan di Pusdiklat Jemenhan ini.

Akhirnya, Kepala Deputy Bidang Penanganan Darurat menyampaikan selamat kepada semua para Alumni Diklat Susjemen Penanggulangan Bencana, mudah-mudahan ilmu yang telah diperoleh, akan dapat melancarkan tugas saudara di kesatuan masing-masing, dan tugas saudara dalam penanggulangan bencana di negeri ini. Dan tentunya, TNI dan Polri akan menjadi partner BNPB selamanya, dalam menyelamatkan penduduk kita yang saat ini masih bermukim di daerah rawan bencana tersebut.

     Dokinfo

Pusdiklat Jemenhan

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia