Upacara Penutupan Suspabenkuhan Angkatan I 2011

Senin, 9 Januari 2012

Globalisasi yang terus berkembang di semua bidang mendorong pemerintah untuk bergabung dalam berbagai perkembangan untuk tidak ketinggalan dengan negara lain. Walaupun laporan keuangan pemerintah baru berkembang beberapa dekade ini tetapi usaha untuk mendorong agar pemerintah mengikuti praktek yang dianggap sehat untuk pengelolaan keuangan Negara tetap di upayakan.

Dalam konteks ini, Pemerintah telah menelorkan UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan UU   No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, beserta peraturan-peraturan pendukungnya, telah memberikan landasan yang cukup kuat untuk memperbaiki kinerja pengelolaan keuangan negara RI.

Keindahan aturan tentunya tidak akan berguna manakala tidak diimplementasikan sebagaimana mestinya. Dengan demikian kita harus menyadari bahwa perubahan-perubahan yang terjadi dalam manajemen keuangan merupakan bagian tak terpisahkan dari reformasi manajemen pemerintah secara komprehensif yang pada akhirnya mengarah pada akuntabilitas kinerja pemerintah dalam menjalankan fungsi pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Harapan saya, nilai-nilai yang telah terjalin selama pelaksanaan kursus ini seperti kedisiplinan, kerjasama, keterbukaan hendaknya terus dikembangkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.   Selanjutnya perlu saya tekankan mulai saat ini harus lebih memahami jenis tugas atau wewenang yang dipercayakan kepada saudara-saudara terutama terhadap semua ketentuan Perundang-undangan yang berlaku dalam hal perbendaharaan keuangan, sebab tanpa peran saudara-saudara, maka sulit bagi kita semua untuk bisa mewujudkan tata pemerintahan yang baik, yang antara lain harus tercermin dari kualitas Perbendaharaan keuangan.

Jumlah Peserta 20 (dua puluh) orang dan pendidikan dilaksanakan selama 12 (dua belas) minggu, mulai tanggal  31 Mei sampai dengan  18 Agustus 2011

Hasil Diklat. Setelah diadakan rapat evaluasi nilai akhir pendidikan, peserta dinyatakan lulus dengan penjelasan sebagai berikut  :

a.         Nilai tertinggi         :     81,04

b.         Nilai terendah        :     71,42

c.         Nilai rata-rata         :     77,29

d.         Kategori nilai         :     Baik  Sekali      :    4 Orang.

Baik                :  16 Orang.

Demikianlah sambutan Kapusdiklat Manajemen Pertahanan Laksamana Pertama TNI Adam Suwardi Pangerang pada acara penutupan Suspabenkuhan Angkatan I TA. 2011 Kamis, 18 Agustus 2011 bertempat di Jalan Jati No. 1 Pondok Labu Jakarta Selatan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia