Buka puasa bersama Badiklat Kemhan

Jumat, 13 Januari 2012

Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Suwarno, S.IP., M.Sc, Kamis (11/8/2011), menggelar acara buka puasa bersama dengan anggota Set Badiklat , Pusdiklat Tekfunghan dan Ibu Dharma wanita Badiklat Kemhan. (Setelah melaksanakan puasa di hari 11).

Rangkaian acara buka puasa bersama ini dimulai pada pukul 17.00 WIB pembacaan ayat suci Alquran oleh H. Sirojudin, sambutan Kabadiklat Kemhan, Tausiyah Ramadhan oleh Letkol Muhammad Rifai dari Bintal TNI AD dan setalah azdan magrib menikmati ta’jil dilanjutkan sholat magrib.Pada acara tersebut, hadir beberapa pejabat eselon II, III/Setingkat, eselon IV, dan Ibu Dharma wanita jajaran Badiklat Kemhan.

Dalam sambutannya Kabadiklat Kemhan mengatakan diantaranya bahwa buka puasa bersama adalah tradisi masyarakat kita yang sudah ada sejak jaman dulu, tradisi buka puasa bersama di Indonesia berbeda dengan negara-negara lain. seperti saat beliau berada di Mekah dan Madinah, dari dua tempat itu saja sudah berbeda. Tradisi berbuka puasa bersama tidak ada salahnya bila kita jadikan kedalam tradisi Satuan Kerja. Disamping berbuka puasa bersama dapat juga dijadikan sebagai silaturahmi antar anggota Badiklat Kemhan.

Buka puasa Bersama Disyariatkan, Buka puasa bersama adalah suatu kebaikan yang dilandaskan pada sebuah hadis Nabi SAW, “Barang siapa memberi berbuka kepada orang yang berpuasa, maka ia akan memperoleh pahala yang sama dengan pahala yang diperoleh orang yang berpuasa itu, tanpa pahala orang itu terkurangi sedikit pun.” (HR Tirmidzi).

Apalagi jika dalam buka puasa bersama ada taushiyah yang berarti ada thalab al-’ilm, ada unsur saling manasehati dalam kebaikan, yang kesemuanya diperintahkan agama. Wallahu a’lam.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia