Profil Minggu Ini – Riyalat,S.Hum

Minggu, 26 Februari 2012

 

3

 







2

Nama                         : Riyalat, S.Hum

Tempat/Tgl Lahir      : Pekalongan/25 Mei 1982

Agama                       : Islam

Status                         : K/1

Istri                              : Kustinawati 

Anak                           : Reyna Aurellia

Alamat                        : Perumahan Griya Sawangan Asri

                                      Blok  F /14 Pasir Putih Sawangan, Depok


Sosok pria sederhana yang mempunyai semangat tinggi dan pekerja yang ulet ini mengawali karirnya menjadi PNS di Kementerian Pertahanan tahun 2006 sebagai guru bahasa Mandarin. Riyalat yang sehari-harinya biasa dipanggil Ray atau Ari hijrah ke Jakarta setelah lulus dari SMA 1 Pekalongan pada tahun 2001. Pada tahun yang sama, Riyalat meneruskan pendidikan di Universitas Indonesia jurusan Sastra Cina dan lulus tahun 2005. Berbekal informasi dari dosennya di UI, pada tahun 2006 Riyalat mendaftar dan mengikuti penerimaan CPNS Kemhan sebagai guru bahasa Mandarin.

Dalam rangka pengembangan SDM Instruktur, tahun 2008/2009 Pusdiklat Bahasa mengirim Riyalat untuk memperdalam kemampuan berbahasa Mandarinnya di Kunshan, China selama kurang lebih 10 bulan. Sejak akhir 2010, pria berkacamata ini menempati jabatan struktural yakni di subbid Opsdik bid Opsdiklat Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan.

Selain memiliki kemampuan berbahasa Mandarin, Riyalat juga mampu berbahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu setelah mengikuti Kursus Intensif Bahasa Inggris (KIBI) tahun 2011 lalu, tahun ini Riyalat melanjutkannya dengan mengikuti Kursus Dasar Instruktur Bahasa Inggris (DIBI). Selama kursus berlangsung, pada sore hari Riyalat tetap mengerjakan tugas-tugasnya di subbid Opdik bid Opsdiklat.

Kemudian Semangat dan kerja kerasnya membuahkan hasil sehingga Riyalat, pria asli Pekalongan ini terpilih menjadi Pegawai Teladan Pusdiklat Bahasa tahun 2012.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia