Nikmatnya Mengikuti TOT

Selasa, 28 Februari 2012

Salemba, 28-2-2012 by Titinurlathiefa

totnikmatBadiklat Kemhan adalah Satker induk dari Pusdiklat Tekfunghan. Saya merasa sangat beruntung karena telah bertugas di Badiklat Kemhan sejak tahun 2005. Penempatan tugas pertama saya di Satker Badiklat Kemhan adalah di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan sejak tahun 2004 sampai tahun 2011. Penempatan tugas yang ke dua adalah di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan. Selama kurun waktu hampir tujuh tahun menjadi salah satu personel Badiklat Kemhan, saya merasakan banyak sekali manfaat dan kenikmatan….

Waduh kata “Kenikmatan” inilah yang dapat menimbulkan banyak persepsi. Tapi marilah kita mulai ber Positive Thinking. Saya akan sedikit  curhat dengan kata “Nikmat”  on my own perception .  Banyaknya kenikmatan yang saya peroleh selama berada dilingkungan Badiklat Kemhan salah satunya yaitu kenikmatan pada saat mengikuti TOT (Training of Trainer). Saya akan sedikit menjabarkan kenikmatan-kenikmatan apa saja yang  telah saya rasakan dan peroleh selama mengikuti TOT dijajaran Badiklat Kemhan.

Kenikmatan yang selalu  saya rasakan setiap mengikuti  TOT  dijajaran Badiklat Kemhan adalah kenikmatan saat menyeruput secangkir kopi panas dan menikmati kelezatan snack pada saat coffee break serta lunch box dengan berbagai macam lauk pauk yang lezat dan tidak ketinggalan pula dessert;  pudding plus buah-buahan ber kw 1… (kwalitas no.1). Wow..W.O.W..benar-benar nikmat. Inilah kenikmatan jasmaniah…

Bagaimana dengan kenikmatan intelektual…..??? Inilah kenikmatan selanjutnya yang saya sebut dengan Kenikmatan Intelektual atau Intelektual Satisfaction. Nikmat-nikmat apa sajakah yang saya peroleh dari mengikuti TOT yang dapat memenuhi rasa dahaga saya dalam hal ilmu pengetahuan. Pengalaman saya pada saat mengikuti TOT Multi Media dan Cyber serta Pengelolaan Portal dan Sisfobadiklat, salah satunya adalah seluruh peserta dipersenjatai dengan peralatan yang memadai seperti laptop dengan prosessor Intel Core i3, Flash Disk dengan minimal muatan memory sebesar 4GB serta modul-modul yang sesuai dengan tema TOT. Masih segar dalam ingatan saya ketika mengikuti TOT Multi Media dan Cyber. Dimana waktu itu terdapat pelajaran tentang teknik fotografi, merakit komputer dan videografi. Penyelenggara TOT pun menyuguhkan para pesertanya dengan peralatan yang cukup canggih seperti camera canon type E5500, camera Nikon type D200 dan D700, Lighting, Video Sony dan Panasonic yang…maaf saya lupa dengan typenya… Disamping itu, pelajaran-pelajaran yang ada dalam TOT dipaparkan dan dilatih oleh para trainer yang berpengalaman dan sangat mumpuni dibidangnya. Peserta Training dapat langsung menimba ilmu dari para trainer karena kami diberikan kesempatan untuk langsung melakukan praktik di setiap sesi pelajaran. That’s why I say: This training can increase my knowledge and IT ability.. Selanjutnya, para peserta TOT dapat melakukan shareing ilmu pengetahuan baik dengan para trainer maupun shareing dengan sesama peserta TOT.

Kepuasan terakhir yaitu Spiritual Satisfaction…. Dari sisi spiritual, saya rasa kenikmatan yang didapat adalah pada saat menandatangani penerimaan uang saku… Mengapa saya katakan demikian?? Karena seusai TOT, seluruh peserta TOT akan dibagikan uang saku oleh penyelenggara TOT..

Wow…inilah saat yang paling membahagiakan menurut saya. Sepulang mengikuti TOT saya dapat membelikan buah tangan untuk ananda di rumah.. Jihan keriting…begitu biasa si kecil saya sapa. Setiap saya pulang kerja, dengan polosnya ananda selalu bertanya “bunda bawa hadiah gak?” Alhamdullillah, dengan uang saku yang saya dapatkan selesai TOT saya dapat membelikan crayon, pensil warna, spidol, buku gambar, buku tulis dan lain-lain untuk buah hatiku… Inilah kenikmatan spiritual yang dapat saya rasakan. Dengan membawakan “oleh-oleh” untuk ananda, saya pun dapat turut merasakan kebahagiaan ananda. Biasanya saya sekaligus membelikan hadiah yang cukup banyak, namun hadiah-hadiah tersebut tidak saya berikan sekaligus. Saya akan berikan hadiah tersebut kalau sewaktu-waktu Jihan menagih hadiah lagi. Inilah nikmatnya berbagi. Masih banyak lagi kenikmatan yang tidak bisa saya ungkapkan satu persatu. Semoga dengan sedikit cerita tentang nikmatnya mengikuti TOT ini, dapat memberikan inspirasi bagi seluruh anggota Badiklat untuk dapat terus memberikan darma bakti  bagi bangsa dan negara….Do The Best As You Can….




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia