Croissant

Rabu, 2 Mei 2012

Croissant


Pembaca tentu sudah mengenal hidangan ringan yang satu ini, Croissant (baca Krwasong). Selain rasa nya yang enak, penuh nutrisi, dan mudah ditemukan juga harga nya cukup ekonomis, hanya dengan harga tak lebih dari Rp. 10.000 per buahnya. Croissant di pasaran di Indonesia juga dikembangkan dengan mengadaptasi lidah Indonesia yang menginginkan cita rasa lebih, dengan adanya Croissant yang lebih manis dari Croissant asli dari Prancis, yang kadar rasa manis nya tidak begitu kental di lidah.

Namun pembaca, mungkin, banyak yang belum tahu sejarah terciptanya kue ini. Kue ini diciptakan di Eropa untuk merayakan kekalahan pasukan Umayyah pada Pertempuran Tours oleh bangsa Prancis, bentuk khas dari kue ini memang seperti  bulan sabit yang pada saat ini diartikan sebagai simbol umat Islam.

Pertama kali diciptakan di Wina pada 1683 untuk merayakan kekalahan Ottoman oleh pasukan Kristen dalam pengepungan kota, simbol bulan sabit juga terdapat  pada bendera Ottoman.

Bagaimanapun sejarahnya, yang pasti kue ini sangat mendunia dan rasanya memang enak, terlebih dengan menambahkan keju, selai dan secangkir kopi untuk menemani sarapan pagi. (Krisna)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia