Bergeming = Diam

Selasa, 8 Mei 2012


kamus1Pernahkah Anda mendengar atau bahkan mengucapkan kalimat …. dia tidak bergeming dan tidak mau merubah pendapatnya …. ?  

Kalimat tersebut diucapkan dengan maksud untuk menyatakan bahwa dia tetap/diam pada pendirian/pendapatnya dan tidak mau menggantinya.  Benarkah makna kata tidak bergeming sama dengan diam ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia makna kata bergeming adalah diam.  Bila kita bubuhkan kata ‘tidak’ pada kata tersebut maka pengertiannya adalah tidak diam. Jadi pengertian kalimat di atas menjadi …. dia tidak diam untuk mempertahankan pendapatnya ….  Berarti tidak sesuai dengan maksud  yang hendak disampaikan.  Kalimat yang benar untuk mengungkapkan makna bahwa seseorang diam atau tetap pada pendidiriannya dengan menggunakan kata ‘bergeming’ seperti kalimat di atas, akan menjadi ….. dia bergeming dan tidak mau  merubah ….

Pada kalimat di atas penggunaan kata berimbuhan merubah mengandung kesalahan.  Kata dasar kata tersebut adalah ubah bukan rubah.  Kata ubah bila diimbuhi awalan ber- akan menjadi berubah.  Bila dibubuhi awalan me- akan menjadi mengubah bukan merubah.  Demikian pula dengan penggunaan kata mengobah dan berobah karena bentuk kata ‘obah’ bukanlah bentuk yang baku.  (kontibutor: Subpok Bahasa Indonesia, Astri Virgiani)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia