PRESIDEN BARU PRANCIS

Kamis, 24 Mei 2012

Francois Hollande segera dilantik sebagai Presiden Prancis

thumbnailFrancois Hollande menjadi Presiden Prancis dan segera terjun dalam upaya mengatasi krisis utang Eropa yang semakin dalam.

Hollande dilantik dalam sebuah upacara di Istana Elysee bersama Presiden Nicolas Sarkozy. Usai dilantik Hollande akan meletakkan karangan bunga di Arc de Triomphe dan melakukan perjalanan di dalam mobil atap terbuka sepanjang Champs-Elysees.

Selanjutnya politisi Partai Sosialis ini akan langsung menyusun kabinetnya. Beberapa nama yang akan duduk dalam kabinet Hollande adalah ekonom berpengalaman Michael Sapin sebagai menteri keuangan dan Jean-Marc Avrault sebagai perdana menteri.

Kemudian Hollande akan langsung menuju Jerman untuk bertemu dengan Kanselir Angela Merkel sebelum ke Amerika Serikat menemui Presiden Barack Obama.

Pembicaraan kedua pemimpin ini digelar di tengah kekosongan kekuasaan di Yunani dan kemungkinan negara itu akan dikeluarkan dari zona euro yang mengakibatkan melemahnya nilai tukar euro terhadap dolar.

Hollande mendesak adanya renegosiasi pakta keuangan Eropa yang mengedepankan penghematan anggaran dan memasukkan langkah-langkah baru untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Krisis utang di Eropa pada akhirnya akan menekan kedua negara ini untuk melakukan kompromi. Apalagi, Prancis dan Jerman sebagai dua negara zona euro dengan ekonomi terbesar adalah kunci terhadap strategi Eropa menghadapi krisis saat ini.

(Kontributor : Kpt.Krisna SN)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia