Khokhloma suvenir khas Rusia

Selasa, 19 Juni 2012

Khokhloma Suvenir Khas Rusia

rsac 1Indahnya seni kerajinan tangan tradisional yang dihasilkan oleh rakyat Rusia ternyata sangat beragam. Setelah sebelumnya OktoMagazine membahas tentang Matryoshka , boneka dengan sosok wanita pedesaan di Rusia yang mengenakan pakaian tradisional dengan warna dan corak menarik khas Rusia, kali ini akan dibahas tentang kerajinan tradisional yang juga sangat menarik yaitu Khokhloma.

Khokhloma merupakan kerajinan tradisional rakyat Rusia yang muncul pada abad ke-17, yang pertama kali adanya di wilayah Nizhny Novgorod. Kerajinan ini berupa alat-alat makan serta mebel yang terbuat dari kayu dengan berbagai ukiran dan corak lukisan yang indah.

Uniknya, meski terbuat dari kayu, tapi kesan yang muncul seakan peralatan ini sangat amat berharga seperti peralatan yang terbuat dari emas atau perak. Selain itu, warna yang digunakan tidak mudah luntur dan tahan panas.

Umumnya, warna-warna yang sering digunakan untuk menghiasi khokhloma adalah warna hitam, merah, dan emas, terkadang juga hijau. Sedangkan ukiran dan gambar yang digunakan biasanya berbentuk bunga dan daun-daunan, bernafaskan seni ala Rusia lama.


rsa 3

Munculnya kerajinan khokhloma, tidak terlepas dari tradisi pembuatan ikon di Rusia. Andrey Loskut, seorang pelukis ikon gereja lari ke hutan, karena menolak reformasi agama di bawah Patriakh Nikon pada saat itu.

Di sana ia melukis kayu dan ikon dengan gaya lama. Patriakh yang mengetahui hal ini mengirim pasukan untuk menangkapnya. Tapi Andrey yang bersikeras dengan pendiriannya tidak mau menyerahkan diri begitu saja.

Ia membakar gubuknya sendiri, dan kemungkinan ia mati terbakar di dalam gubuknya. Penduduk desa sekitar yang tertarik akan hasil karya seni yang telah dibuat oleh Andrey dalam melukis kayu, kemudian melanjutkannya secara turun temurun, hingga akhirnya tradisi ini tetap lestari.

Kata “khokhloma” itu sendiri awalnya merupakan salah satu pusat perdagangan di suatu desa di Rusia. Desa ini mulai terkenal setelah berakhirnya kekuasaan bangsa Mongol di wilayah Rusia, di mana para penduduk di desa ini menjadi miskin karena kehilangan mata pencahariannya sebagai petani, sehingga beralih pekerjaan menjadi pengrajin.

Seiring dengan munculnya tradisi pembuatan khokhloma ini, merekapun banyak membuat khokhloma dan menjadi salah satu komoditi besar dalam perdagangan di desa tersebut. Perlahan namun pasti, benda hasil kerajinan tangan mereka ini menjadi semakin terkenal di seluruh pelosok kekaisaran Rusia, bahkan hingga ke mancanegara. 

Seperti kerajinan tangan tradisional Rusia lainnya, karakterisitik dan pembuatan khokhloma sejak dahulu hingga sekarang hampir tidak banyak mengalami perubahan. Lukisan hiasannya biasanya menggunakan tema tanaman, semak, daun, bunga, atau juga buah beri, yang selalu menggunakan gaya dekoratif menjadi ciri khas khokhloma – menunjukkan bahwa bangsa Rusia sangat dekat dengan alam.

rsa 4Selain itu juga, terkadang digunakan juga gambar burung, ikan, dan hewan kecil lainnya. Hingga saat ini, khokhloma telah menjadi salah satu benda yang dijadikan suvenir bagi pelancong yang berkunjung ke Rusia.

(Kontributor : Subpok Rusia Dra. Craeranie)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia