Ceramah Konstitusi dan Revitalisasi Sistem Politik Indonesia

Senin, 27 Agustus 2012

Ceramah dari UI

Dr. Valina Singka Subekti, M.Si

Portal P.Tekfunghan.  Pada hari Jum’at, 10/8 bertempat di Ruang Theater Gedung Cristina Martha Tiahahu Lt. II Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Dr. Valina Singka Subekti, M.Si Ketua Program Pascasarjana Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia berkenan memberikan ceramah dengan Tema “Konstitusi dan Revitalisasi Sistem Politik Indonesia”.

            Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan tentang reformasi politik di Indonesia yang berlangsung intensif sejak Mei 1998 telah menghasilkan perubahan sangat signifikan dan fundamental dalam desain sistem ketatanegaraan.   Hal ini tergambar melalui perubahan UUD 1945 yang berlangsung di MPR selama empat tahap antara tahun 1999 – 2002.

             Salah satu hasil perubahan UUD 1945 yang sangat penting adalah penerapan sistem presidensial sebagai sistem pemerintah di NKRI.   Sistem ini dianggap sebagai sistem terbaik untuk menghasilkan pemerintah yang kuat dan produktif agar mampu merealisasikan amanah alinea ke 4 UUD 1945 yang berbunyi “ ….untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi, dan keadilan sosial …..”

           Menutup ceramahnya beliau menyatakan bahwa sebaik apapun struktur politik ataupun peraturan pada akhirnya keberhasilan akan bergantung kepada pelaksananya. 





Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia